Humas se-Sumatera Deklarasikan Komitmen Bangun Reputasi Bangsa

id Humas,Sumatera,Deklarasi,Komitmen,Bangun,Reputasi,Bangsa,batam

Fokus kami adalah tentang penguatan kompetensi PR yang berlanjut pada sertifikasi PR, hingga berujung membangun reputasi bangsa
Batam (Antara Kepri) - Praktisi, akademisi, dan komunitas hubungan masyarakat se-Sumatera mendeklarasikan komitmen humas untuk membangun reputasi bangsa melalui komunikasi dan kinerja unggul di masing-masing tempat kerja.

"Kami, praktisi, akademisi dan komunitas 'public relations' di seluruh Indonesia berkomitmen membangun reputasi bangsa melalui pilar komunikasi dan kinerja unggul di korporasi dan lembaga kami mengabdi," demikian bunyi deklarasi The 1st Sumatera PR Indonesia Summit & Awards (Sumprisa) di Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Penggagas deklarasi, Asmono Wikan menyatakan dengan gerakan itu, maka tokoh nasional, daerah, dan deklarator mengajak semua insan PR (humas) di seluruh Sumatera untuk bergerak dan berkontribusi menguatkan reputasi organisasi, instansi, korporasi, dan bangsa.

"Fokus kami adalah tentang penguatan kompetensi PR yang berlanjut pada sertifikasi PR, hingga berujung membangun reputasi bangsa," kata Asmono.

Ia mengatakan selama ini, di institusi pemerintah dan swasta keberadaan humas masih menjadi hal yang paling belakang. Padahal PR penting, untuk penguatan reputasi.

"PR itu penting. Humas kalau 'nggak' kerja, bisa diasumsikan kerja komunikasi instansinya jelek, ujung-ujungnya reputasi instansinya jelek. Lagipula tugas humas bukan sekedar pemadam kebakaran. Ketika ada pemberitaan yang jelek dulu baru ditugaskan turun," katanya.

Sumprisa, kata dia, tak hanya mengukuhkan komitmen, tapi juga menjadi wadah berbagi pengetahuan bagi komunitas PR.

Gerakan yang mengusung tanda pagar (tagar) #prindonesiabergerak dan #prsumaterabergerak itu diharapkan semakin berkembang, menyatukan praktisi Humas dalam membangun aliansi besar mewujudkan penguatan reputasi bangsa.

Asmono mengatakan, selain Sumatera kegiatan serupa juga akan digelar di seluruh nusantara.

"Kami akan 'menjahit' gerakan penguatan peran praktisi PR ini di berbagai pulau besar di tanah air," katanya.

Kegiatan itu dilaksanakan juga sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo agar PR bergerak meninggikan reputasi bangsa.

"Makanya kami bergerak sekarang. Dari Batam kami menggerakkan humas se-Sumatera untuk percaya diri dan mengatakan ke CEO-nya bahwa kita punya kompetensi. Kemampuan untuk membantu kantor 'raising up'," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE