Pelni Siapkan Lima Bus di Pelabuhan Batuampar

id pelni,siapkan,lima,bus,pelabuhan,batuampar

Batam (Antara Kepri) - PT Pelni bersama Kantor Pelabuhan Batuampar menyiapkan lima bus khusus untuk mengantar penumpang dari terminal penumpang ke dermaga tempat KM kelud bersandar, demi kenyamanan penumpang.
        
"Karena jarak dari terminal ke tempat kapal jauh, maka kami siapkan lima bus," kata Manajer Operasional Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa di Batam, Kamis.
        
Mulai Jumat (24/6), Kapal Pelni akan bersandar di Pelabuhan Batuampar, sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, karena Pelabuhan Beton Sekupang tidak layak untuk melayani penumpang.
        
Ia mengatakan sebanyak 1.872 penumpang akan menaiki KM Kelud dari Pelabuhan Batuampar besok.
        
"Kanpel sedang mempersiapkan kesiapan pelabuhan. Pelni hanya kapal saja," kata dia.
        
Sementara itu, Kepala Kantor Pelabuhan Batam Yulianus mengatakan pihaknya membenahi Pelabuhan Pelni yang baru di Batuampar sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan.
        
"Kami siapkan terminalnya, sistem transportasinya, sandarnya seperti apa, semuanya diberesin," kata dia.
        
Rencananya kapal Pelni akan bersandar di Dermaga Selatan, dan terminal penumpang menggunakan bekas terminal feri internasional Batuampar.
        
Ruangan-ruangan di terminal penumpang sudah siap. Nantinya akan dilengkapi dengan ruang ruang menyusui, karantina, posko mudik, jasa raharja dan standar kebutuhan lainnya.
        
Ruang tunggu penumpang diperkirakan mampu menampung sekira 2.000 penumpang. Kanpel juga akan memasang pendingin ruangan untuk kenyamanan penumpang.
        
Ia optimistis, dengan segala persiapan itu, maka terminal akan  nyaman dan Pelabuhan Batuampar bisa digunakan untuk turun-naiknya penumpang kapal Pelni.
        
"Semua harus siap, demi kelangsungan angkutan Lebaran," kata dia.
        
Selain angkutan Lebaran, Pelabuhan Batuampar akan terus digunakan sebagai pelabuhan Pelni, sampai Pelabuhan Beton Sekupang direnovasi dan bisa digunakan.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE