PLN Karimun Berlakukan Pemadaman Bergilir

id PLN,Karimun,Berlakukan,Pemadaman,pltu,pltd,Bergilir,listrik

Pemadaman bergilir sudah kami berlakukan sejak Senin kemarin, sehubungan terjadinya kerusakan pada mesin pembangkit. Kami mohon atas ketidaknyamanan ini
Karimun (Antara Kepri) - PT PLN Rayon Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memberlakukan pemadaman bergilir di empat kecamatan di Pulau Karimun Besar akibat rusaknya sejumlah mesin pembangkit di Gardu PLTD Bukit Carok Kecamatan Tebing.

"Pemadaman bergilir sudah kami berlakukan sejak Senin kemarin, sehubungan terjadinya kerusakan pada mesin pembangkit. Kami mohon atas ketidaknyamanan ini," kata Kepala PT PLN Persero Rayon Tanjung Balai Karimun, Fauzar yang dihubungi di Karimun, Selasa.

Fauzar menjelaskan, empat unit mesin pembangkit mengalami kerusakan, antara lain dua mesin merek MAK dengan kapasitas daya masing-masing 1,5 megawatt (MW) dan 1,4 MW mengalami gangguan pada "tube injector" dan "exhaust cylinder head".

Kemudian, dua mesin merek Allen dengan daya masing-masing 1,5 MW dan 1,6 MW gangguan pada "liner" dan "cylinder head".

Akibat kerusakan empat mesin tersebut, daya yang disalurkan kepada  pelanggan mengalami defisit sekitar 3 MW dari total daya saat beban puncak sekitar 23 MW.

Untuk itu, kata dia, pihaknya terpaksa memberlakukan pemadaman bergilir dengan waktu pemadaman mulai pukul 17.00-23.00 WIB.

"Semula kami hanya memadamkan listrik untuk perhotelan, tapi karena daya masih belum mencukupi, terpaksa kita lakukan pemadaman bergilir untuk pelanggan umum," ucapnya.

Dia mengatakan, teknisi masih memperbaiki kerusakan pada empat unit mesin tersebut.

"Komponen yang rusak kita ganti dan sudah kita pesan," katanya.

Sementara, dua unit mesin pembangkit tenaga uap dengan kapasitas daya 2x7 MW di Tanjungsebatak, belum bisa menambah pasokan daya kepada pelanggan karena masih dalam tahap perbaikan total.

Manajer PLTU Tanjungsebatak Lukman mengatakan, satu dari mesin PLTU yang sedang dalam perawatan, diperkirakan baru bisa beroperasi Oktober 2016. Sedangkan mesin unit satu diperbaiki setelah perbaikan mesin satu selesai.

"Saat ini mesin dua dulu kita selesaikan, setelah itu baru mesin satu," kata Lukman.

Dua unit mesin PLTU tersebut terhenti beroperasi menjelang bulan puasa sehingga tidak dapat menyalurkan daya sebagai pendukung Unit PLTD Bukit Carok.

Berdasarkan pantauan, pemadaman bergilir Selasa malam ini, terjadi kawasan Kapling hingga Jalan Pertambangan Tanjung Balai Karimun.

Berdasarkan jadwal dari PLN, pemadaman juga diberlakukan mulai pukul 21.00 sampai 01.00 WIB kawasan Teluk Air, Lembaga Pemasyarakatan hingga pusat pertokoan di Jalan Nusantara, Jalan A Yani, Setiabudi sampai kawasan Puakang.  (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE