Tanjung Jabung Barat Tawarkan Investasi Pengolahan Kopi

id Tanjung,Jabung,Barat,Tawarkan,Investasi,Pengolahan,Kopi,jambi

Kopi belum ada yang mengolah. Tapi sebelumnya, harus dipelajari dulu bagaimana cara pengolahan agar rasanya sesuai
Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi menawarkan peluang investasi pengolahan kopi kepada pengusaha Kota Batam.

Tanjung Jabung Barat memiliki Kopi Liberika, yang punya cita rasa terbaik dan sudah dipatenkan pada Kementerian Hukum dan HAM, kata Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Berdasarkan uji cita rasa dilakukan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia, terungkap Kopi Liberika Tungkal Jambi dengan proses Olah Basah Kopi Peram (OBKP) memiliki cita rasa herbal, rubbery, ratter sourish and too high acidity dengan final score notation speciality grade (82,75).

Kopi itu juga sudah diekspor ke Malaysia dan Singapura, namun masih dalam bentuk biji.

Karenanya Bupati menawarkan pengusaha Batam dapat membuat usaha pengolahan biji kopi, agar daerah dapat memperoleh nilai tambah dari perkebunan kopi.

"Kopi belum ada yang mengolah. Tapi sebelumnya, harus dipelajari dulu bagaimana cara pengolahan agar rasanya sesuai," kata dia.

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat siap melayani penanam modal yang ingin mengembangkan usaha di kabupaten itu.

"Kami berjanji pada investor untuk berkomitmen memberi karpet merah," kata Bupati.

Pemerintah menjamin biaya investasi di kabupaten itu rendah, agar penanam modal merasa nyaman.

"Kami tidak ingin ekonomi biaya tinggi karena birokrasi.  Kami akan bantu. Kami berkomitmen melaksanakan birokrasi yang tidak timbulkan biaya tinggi," katanya.

Selain pengolahan kopi, beberapa peluang investasi lain yang ditawarkan adalah minyak kelapa, karet dan pabrik kertas.

Sementara itu, berdasarkan catatan Antara Jambi, Kopi Liberika Tungkal komposit yang diproduksi petani di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi telah mendapat hak paten diberikan Kementerian Hukum dan HAM RI pada 2015.

Berdasarkan pengajuan perlindungan produk oleh Masyarakat Perindungan Indikasi Geografis, Kementerian Pertanian Republik Indonesia menetapkan varietas kopi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi dengan nama "Brand kopi liberika tungkal komposit". (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE