Pelabuhan Batam Dipadati Penumpang Usai Liburan

id pelabuhan,batam,dipadati,penumpang,usai,liburan

Pelabuhan Batam Dipadati Penumpang Usai Liburan

Penumpang di bandara Hang Nadim, Batam. (antarakepri/Larno)

Tambahan penerbangan masih diberlakukan karena penumpang masih tinggi. Termasuk penumpang yang tiba di Batam juga tinggi
Batam (Antara Kepri) - Bandara dan Pelabuhan di Batam sejak Senin pagi terus dipadati calon penumpang yang hendak kembali ke daerah asal usai libur panjang dan perayaan tahun baru 2017.
        
"Hari ini puncak arus balik. Sejak pagi bandara dipadati penumpang," kata General Manager Umum Bandra Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Senin.
        
Jumlah penumpang yang akan meninggalkan Batam sepanjang Senin diperkirakan di atas 10 ribu orang. Sementara saat hari biasa hanya sekitar 8.000 penumpang saja.
        
Suwarso mengatakan, empat tambahan penerbangan dari Batam tujuan Pekanbaru, Padang, Semarang, dan Jakarta oleh Lion Air dan Batik Air masih diberlakukan.
        
"Tambahan penerbangan masih diberlakukan karena penumpang masih tinggi. Termasuk penumpang yang tiba di Batam juga tinggi," kata dia.
        
Sementara itu, kepadatan juga tampak di Pelabuhan Domestik dan ASDP Telaga Punggur yang menghubungkan Batam dengan Pulau Bintan (Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang), Karimun (untuk Roro), dan Dabo Lingga.
        
Kemacetan sudah tampak sejak jalan lingkar menuju pelabuhan sekitar PLTU Tanjungkasan yang berjarak sekitar 1,5 kilometer sebelum pelabuhan.
        
Sejumlah petugas kepolisian dibantu berbagai unsur nampak berupaya mengurai kemacetan depan pintu masuk pelabuhan Telaga Punggur yang menjadi lokasi menurunkan dan menaikan penumpang.
        
"Macetnya panjang banget. Mau bergerak saja susah," kata Juanda yang terjebak kemacetan.
        
Pelayaran feri dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Tanjungpinang dilayani oleh dua operator masing-masing setiap 30 menit sekali.
        
Mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik, pihak PT ASDP Telaga Punggur Batam mempercepat jadwal keberangkatan kapal dari 75 menit sekali menjadi 60 menit sekali.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE