Saber Pungli Pantau Aktivitas Sekolah

id Saber,Pungli,tanjungpinang,Pantau,Aktivitas,Sekolah

Saber Pungli Pantau Aktivitas Sekolah

Ketua Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol Andi Rahmansyah saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang. (a)

Salah satunya pembelian seragam sekolah dan juga kegiatan lainya seperti 'study tour' dan juga pungutan perpisahan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Tanjungpinang memantau aktivitas menjelang masuk dan kegiatan sekolah, kata Ketua Tim Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol Andi Rahmansyah di Tanjungpinang, Kepri.

"Salah satunya pembelian seragam sekolah dan juga kegiatan lainya seperti 'study tour' dan juga pungutan perpisahan," tambahnya, Selasa.

Ia mengatakan, pihak sekolah dapat mengarahkan untuk membeli kebutuhan sekolah tersebut di koperasi setiap tingkatan sekolah. Sebagai contoh pembelian seragam sekolah.

Ia mengatakan, pembelian seragam sekolah di sekolah jika sesuai dengan harag dan ketentuannya, tidak termasuk kategori pungli. Wali murid dapat memilih membeli seragam sekolah di sekolah ataupun di luar sekolah.

Masyarakat diminta untuk memperhatikan harga dan kualitas seragam di sekolah maupun di luar sekolah.

"Apakah barang dengan harganya sudah layak dan sesuai, kalau di pasaran misal Rp100 ribu dijual Rp200 ribu di sekolah atau nyari untung. Itu salah, jelas pungli," ujarnya.

Pemerintah setempat memberikan keringanan kepada masyarkat yang ingin membeli seragam sekolah, dikarenakan dapat menyicil dalam pembayarannya. Saber pungli membenarkan praktek itu.

"Kalau harga jual di sekolah sudah tidak wajar dan kualitas yang tidak sesuai, itu jelas pungli," ujar Andi lagi.

Saber Pungli Tanjunngpinanh juga memantau kegiatan di sekolah, seperti kunjungan belajar "study tour", acara perpisahan‎ sekolah. Saber Pungli meminta agar kegiatan tersebut disepakati wali murid dengan benar.  

"Jika tidak ada yang setuju atau wali murid tak sepakat, namun pihak sekolah memaksakan, itu bisa ditindak lanjuti," katanya.

Aktivitas sekolah yang terbaru adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang rentan terjadi praktek pungli di sekolah.

Sejauh ini, kata dia, Saber Pungli belum menemukan adanya indikasi praktik pungli. Namun, pihaknya masih menyoroti dan menggali informasi adanya dugaan pungli di PPDB 2017.

Ia mengatakan, jika ditemukan ada oknum yang mengkordinir ‎ secara sengaja dengan harapan ada timbal balik, ia pastikan segera memprosesnya.

"Sampaikan saja informasinya ke kita jika ada praaktek pungli PPDB, kita pastikan itu pidana," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE