Bupati Natuna upacara bendera bawah laut di Geopark Nasional

id Natuna, HUT RI 76, upacara bawah laut, pengibaran bendera bawah laut, wan siswandi, basarnas, rodhial huda, geopark natuna, geopark nasioanal

Bupati Natuna upacara bendera bawah laut di Geopark Nasional

Bupati Natuna, Wan Siswandi saat mengikuti upacara bawah laut di kawasan Geopark Nasional Tanjung Datuk, Teluk Buton, Bunguran Utara, Natuna, Kepri, Sabtu (14/8). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Dalam rangka memperingati HUT RI 76 tahun 2021 Bupati Natuna bersama Basarnas, Forkompimda Natuna, ANTARA serta Komunitas Jelajah Bahari Natuna melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih bawah laut di kawasan Geopark Nasional, Tanjung Datuk, Pantai Batu Kuning, Desa Teluk Buton, Bunguran Utara, Natuna, Kepri, Sabtu (14/8).

Acara pengibaran bendera bawah laut yang diselenggarakan Basarnas tersebut diikuti 27 para penyelam, diantaranya Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Sekda Natuna serta para penyelam masing - masing perwakilan Forkompimda dan ANTARA bersama Komunitas Selam setempat.

"Kegiatan pengibaran bendera bawah laut rutin dilakukan para komunitas selam disini, namun baru kali ini kegiatan pengibaran bendera bawah laut diikuti langsung oleh Bapak Bupati serta jajaran dan Forkompimda", kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel sebagai penyelenggara.

Ia juga mengatakan meskipun cuaca kurang baik, kegiatan pengibaran bendera terselenggara dengan baik dan sukses sesuai harapan, karena lokasi kegiatan dinilai sangat mendukung.

"Kita memilih lokasi ini karena memang tempatnya aman, dan ini juga sebagai kawasan geopark nasional", kata Mexi.

Sementara Bupati Natuna, Wan Siswandi mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Basarnas tersebut, karena merupakan hal yang baru terjadi di Natuna.

"Kegiatan ini kita sambut baik, dan setahu saya sejak Kabupaten Natuna berdiri, belum pernah kegiatan ini diikuti langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Forkompimda dan semuanya", kata Bupati Natuna, Wan Siswandi.

Ia juga mengatakan, hal ini sangat baik dilakukan karena menjadi contoh bagi semua pihak pada momentum HUT RI kali ini.

"Ada nilai sejarahnya disitu, kebersamaan juga disitu, nilai baharinya juga ada disitu, termasuk wisata dan semuanya lah", ujar Bupati.

Kegiatan tersebut juga menurut Bupati sebagi pesan nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang kental terasa sehingga dapat menjadi contoh.

"Ini berkat kerjasama yang baik dan karena itu masyarakat Natuna hendaknya mengambil nilai - nilai kebersamaan disitu, kalau ditingkat kabupaten saja sudah seperti ini, hendaknya hingga ditingkat bawah juga sama, kita melakukannya dilaut, ada potensi wisata, karena itu kita tunjukan ke dunia luar bahawa kita punya potensi, kemampuan dan keinginan untuk itu", kata Bupati.

Tidak hanya pengibaran bendera merah putih, rangkaian upacara juga dilakukan mulai dari permukaan air hingga pengibaran bendera di dasar laut.

Bertindak sebagai inspektur upacara dipimpin langsung oleh Bupati Natuna. Sedangkan sebagai pemimpin upacara dipimpin langsung oleh DANDENHANUD 477 Paskhas Natuna, Letkol Pas Frian Alfa Risdar Malay.

"Berkat kerjasama semua pihak kegiatan berjalan lancar, sesuai dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Dari Natuna, Untuk Indonesia", ucap Dandenhanud 477 Paskhas Natuna.
Bupati Natuna, Wan Siswandi saat mengikuti upacara bawah laut di kawasan Geopark Nasional Tanjung Datuk, Teluk Buton, Bunguran Utara, Natuna, Kepri, Sabtu (14/8). (ANTARA/Cherman)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE