Kepri raih penghargaan penyelenggara KIP terbaik

id Kemendikbudristek, KIP, KIP Kuliah

Kepri raih penghargaan penyelenggara KIP terbaik

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Dr Abdul Kahar, (ketiga dari kiri) di Jakarta, Sabtu. (ANTARA/Indrian)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (DIsdik Kepri) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas penyelenggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) terbaik tahun 2021.

“Penghargaan ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Selama tujuh tahun pelaksanaan KIP, kami melihat setiap tahun selalu ada pengembalian dana pada pemerintah. Ini perlu
sosialisasi pada masyarakat,” kata Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek Dr Abdul Kahar, di Jakarta, Sabtu.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung menjadi salah satu penerima apresiasi penyelenggara KIP terbaik pada 2021.

Untuk menyukseskan pelaksanaan KIP, ia mengatakan menyurati dinas pendidikan kabupaten dan kota di provinsi kepulauan itu untuk mempercepat pencairan dana.

“Hal ini dikarenakan 96 persen wilayah Kepulauan Riau adalah lautan dan hanya empat persen yang daratan. Oleh karenanya kami menyurati dinas pendidikan daerah untuk mempercepat pencairan,” kata Andi Agung.

Sementara itu, sejumlah masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan KIP antara lain penyaluran dan aktivasi kartu serta pencairan dana yang ada di rekening siswa. Karena lokasi rumah siswa jauh dari kantor bank sehingga mereka bingung dengan tempat mencairkan dana itu. 

Guna memecahkan masalah itu, Kemendikbudristek bekerja sama dengan bank, dan membuat terobosan agar anak penerima KIP bisa mudah mencairkan dana.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek beri apresiasi pada penyelenggara KIP terbaik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE