Masuk daftar calon presiden, Anies Baswedan sampaikan apresiasi kepada NasDem

id Anies Baswedan,Gubernur DKI Jakarta,Nasdem,Capres,Pilpres 2024

Masuk daftar calon presiden, Anies Baswedan sampaikan apresiasi kepada NasDem

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pendapat terkait namanya masuk dalma daftar calon presiden yang direkomendasikan Partai NasDem di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022) (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah Partai NasDem yang memasukkan namanya sebagai salah satu calon presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

Anies Baswedan menyampaikan bahwa dirinya merasa terhormat namanya masuk dalam daftar tiga nama calon presiden yang akan diusung NasDem.

"Saya ingin sampaikan respect, karena Partai NasDem pimpinan Pak Surya Paloh telah membuat terobosan baru di mana pengusulan nama-nama untuk kepentingan nasional diberikan kepada pimpinan wilayah, karena wilayah yang mengusulkan nama," kata Anies Baswedan Saat ditemui di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu.

Ke depannya, Anies masih akan terus menjalankan tugas dan kewewenang sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga Oktober nanti.

"Kedua, saat ini saya masih terus menjalankan amanat di Jakarta. Amanat dari masyarakat Jakarta adalah amanat utama yang harus saya tunaikan sampai Oktober nanti, karena itu saya terus harus fokus di dalam urusan Jakarta," tuturnya.

Sementara itu, hasil rekomendasi Rakernas NasDem memutuskan dan menetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi bakal calon presiden yang akan diusung oleh Partai NasDem.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengatakan bahwa partainya ingin mengusung calon presiden yang terbaik bagi kepentingan bangsa Indonesia.
 
"Seandainya apa pun yang terbaik bagi bangsa ini sang calon yang kami dukung, terpilih, kemudian juga lupa pada NasDem, ah, itu sudah nasib kami," kata Surya Paloh

Sebelumnya, seluruh dewan pimpinan wilayah (DPW) telah menyampaikan rekomendasi bakal calon presiden ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem.
 
Anies mendapat dukungan dari 32 DPW. Hanya DPW NasDem Papua Barat dan Kalimantan Timur yang tidak merekomendasikan Anies.
 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat rekomendasi dari 29 DPW. Pimpinan wilayah NasDem yang tidak merekomendasikan Ganjar adalah Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan DKI Jakarta.
 
Rekomendasi juga diberikan DPW NasDem di seluruh Indonesia kepada sejumlah tokoh, di antaranya Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel direkomendasikan 19 DPW, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir direkomendasikan 15 DPW, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa direkomendasikan 10 DPW.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies Baswedan apresiasi NasDem terkait namanya masuk daftar capres

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE