Gubernur Ansar dorong bupati/wali kota gunakan kendaraan listrik

id Kendaraan listrik

Gubernur Ansar dorong bupati/wali kota gunakan kendaraan listrik

Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberi keterangan pers usai Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten/Kota di Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/6). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mendorong bupati/wali kota mulai tahun depan menggunakan kendaraan listrik untuk menurunkan emisi karbon.

"Pemerintah berkomitmen menurunkan emisi karbon pada acara Presidensi G20 2022 di Indonesia," kata Gubernur Ansar Ahmad dalam Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten/kota se Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/6).

Menurutnya, sejumlah daerah sudah mulai menerapkan kendaraan listrik, misalnya, DKI Jakarta. Dari hasil pengamatannya, kendaraan listrik memiliki kemampuan jarak tempuh yang cukup jauh.

Baca juga:
Mantan Gubernur Kepri diperiksa penyidik Polda sebagai saksi kasus korupsi

320 ekor sapi dari Lampung dikirim ke Kepri


"Di Jakarta, saya lihat kendaraan listrik sudah bisa ke mana-mana," ujarnya.

Ia menyebut penggunaan kendaraan listrik dapat mewujudkan energi yang ramah lingkungan, kualitas udara bersih, serta menurunkan emisi gas rumah kaca.

"Di sisi lain, kendaraan listrik berdampak pada penguatan ekonomi nasional melalui pengurangan impor BBM, subsidi BBM, serta penghematan devisa negara," ucap Ansar.

Ansar turut mendorong pada masing-masing wilayah kabupaten/kota menetapkan proyek percontohan atau pilot project untuk energi hijau.

Baca juga:
Pencarian 7 orang PMI korban kapal karan di Batam dihentikan sementara

Pengamat: Penghapusan honorer perlu ditangani secara bijak



Ia mengutarakan energi hijau adalah energi yang berasal dari tanaman hidup (biomassa) yang terdapat di sekitar manusia. Energi itu biasa disebut sebagai bahan bakar hayati atau biofuel.

Energi hijau terdiri dari panas Bumi (geothermal), Matahari, air, biomassa, angin, dan laut.

"Untuk di Kota Tanjungpinang, ditetapkan Pulau Penyengat sebagai pilot project energi hijau," ucap Ansar.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE