DPR RI minta petugas haji profesional dampingi jamaah lansia

id jamaah lansia,info haji,petugas haji,komisi VIII dpr ri,Maman Imanulhaq ,musim haji 2023,haji 1444 hijriah

DPR RI minta petugas haji profesional dampingi jamaah lansia

Komisi VIII DPR RI saat melakukan peninjauan kesiapan asrama haji di Embarkasi Batam jelang pelaksanaan musim haji 2023, Kamis (11/5/2023) (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq meminta petugas haji bertindak profesional dalam mendampingi calon jamaah haji lanjut usia (lansia) pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Ia menyampaikan pada pelaksanaan haji tahun ini merupakan calon haji lansia dengan kuota 67.000 orang atau sekitar 30 persen dari kuota haji yang didapatkan Indonesia sebesar 220.000 calon haji.

"Ini menjadi pembahasan penting di Komisi VIII DPR RI, bahwa 60 ribu lebih lansia ini berarti membutuhkan petugas yang profesional," kata Maman di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis.

Kemudian ia juga berharap petugas haji mendapat arahan untuk menghadapi psikologi calon jamaah haji lansia serta menyiapkan fasilitas yang tidak memberatkan.

"Ini menjadi poin penting dan menjadi arahan. Dengan 60 ribu haji lansia tentu ada banyak tantangan tapi saya yakin Dirjen Haji (Kemenag) bisa melayani dengan baik," ujar Maman.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto mengatakan calon jamaah haji lansia di Kepri, tertua berusia 92 tahun.

"Haji lansia di Kepri ada 62 orang. Petugas juga dapat pelatihan menangani lansia dan usia paling tua 92 tahun. Petugas keseluruhan di PPIH Batam 90 orang," ujarnya.

Lebih jauh  Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menilai Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepri, telah siap mendukung pelaksanaan haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Kami dari Komisi VIII melihat kesiapan keberangkatan haji sudah sangat siap, asrama hajinya juga representatif. Tentu dukungan dari Pemkot Batam membuat kami semakin apresiasi karena didukung secara penuh," katanya sai melakukan peninjauan di Asrama Haji Kota Batam, Kamis (11/5).

Lebih lanjut ia menyebutkan Indonesia mendapatkan kuota tambahan sebanyak 8.000 orang dan Kepri mendapat bagian 47 kuota tambahan. Karena itu pihaknya meminta kepada Kemenag setempat agar melakukan sistem jemput bola terkait pelunasan biaya haji bagi jamaah yang belum melunasi hal tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DPR RI minta petugas haji profesional dalam mendampingi jamaah lansia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE