Pemerintah evakuasi nakes Nusantara Sehat dari Papua Barat

id kemenkes, nakes nusantara sehat, serangan KKB di Papua Barat

Pemerintah evakuasi nakes Nusantara Sehat dari Papua Barat

Tenaga kesehatan program Nusantara Sehat yang bertugas dilakukan evakuasi ke tempat aman akibat ancaman keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Minggu (11/6/2023). (Antara/HO-Kemenkes)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan bersama pemerintah daerah dan aparat setempat mengevakuasi 14 dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan peserta program Nusantara Sehat yang bertugas di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat demi keselamatan para tenaga kesehatan (nakes) dari ancaman keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Pagi ini rekan sejawat kita telah dibawa ke Sorong setelah mendapat ancaman dari KKB. Terima kasih kami ucapkan kepada pemda dan aparat setempat yang dengan sigap membantu evakuasi,” kata Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes drg. Arianti Anaya dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Ahad.

“Kami akan terus menginstruksikan dan mengingatkan Pemerintah Daerah yang masuk dalam kategori daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan serta bermasalah kesehatan agar menjaga keamanan dan kenyamanan para nakes yang ditugaskan dalam program Nusantara Sehat ini karena mereka sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Arianti.

Pada Jumat (9/6) terjadi pertemuan pembentukan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) oleh KKB di Distrik Bamus Bama Kabupaten Tambrauw. Kegiatan ini diketahui dan selanjutnya dibubarkan oleh aparat TNI dan Polri. 

Lokasi kejadian berada di wilayah kerja Puskesmas Yembun, tempat delapan nakes peserta Program Nusantara Sehat. Lokasi kejadian juga dekat dari Puskesmas Syujak, lokasi penugasan khusus enam orang nakes Nusantara Sehat.

Kejadian tersebut memicu kondisi keamanan yang kurang kondusif sehingga Dinkes Kabupaten Tambrauw meminta para nakes segera meninggalkan daerah tersebut. Seluruh nakes berhasil dengan selamat tiba di Sorong pada Sabtu dinihari.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nakes Nusantara Sehat dievakuasi akibat ancaman keamanan dari KKB

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE