Pemkab Natuna ajak FKP tingkatkan persatuan suku-suku

id Forum Pembauran Bangsa,Fpk Natuna

Pemkab Natuna ajak FKP tingkatkan persatuan suku-suku

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat memberikan sambutan pada diskusi Forum Pembauran Kebangsaan di Asrama Haji Kabupaten Natuna, Kamis (28/12/2023). ANTARA/Muhamad Nurman

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau mengajak Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) meningkatkan persatuan suku-suku yang mendiami wilayah itu.

"Jika kepala puak (ketua organisasi suku) bisa bekerjasama dengan baik maka anggota dan masyarakat akan mengikutinya," kata Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat membuka diskusi FPK di ruang pertemuan Asrama Haji Kabupaten Natuna di Jalan Dato Kaya Wan Moh Benteng, Kamis.

Rodhial selaku Pembina FPK di Natuna, Kamis mengatakan, jika setiap suku di daerah bersatu maka kerukunan bangsa akan terjaga.

Mengingat tahun 2023 dan 2024 merupakan tahun politik, Rodhial mengajak forum FPK untuk merangkul semua suku dengan membuat berbagai kegiatan positif.

"Buat kegiatan tentang pencerdasan budaya, bertukar pengetahuan terkait budaya antarsuku agar kita saling mengetahui adat dari setiap suku yang ada di Natuna," ujar dia.

Sementara, Ketua FPK Kabupaten Natuna Wan Suhardi mengatakan hingga saat ini suku di Natuna masih hidup dengan rukun.

Namun sambung dia, pada tahun depan akan berpotensi mengalami konflik sebab masuk tahun Pemilu.

Meski demikian, pihaknya akan berusaha untuk membantu pemerintah dalam menciptakan Pemilu yang damai.

"Dalam tahun politik kita bisa menyepakati, bisa menciptakan pemilu yang damai dan bermarwah di Kabupaten Natuna," ucap dia.

Ia menyebut akan bekerja dengan maksimal untuk menjaga kerukunan antar suku di Natuna.

"Kita akan ciptakan kedamaian kesejukan persatuan dan kesatuan lewat forum ini kita harus bersama-sama di sini saling menjaga kerukunan antar sesama suku," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE