Polisi ungkap kasus tindak pidana perdagangan orang di Apartemen Kalibata City

id CPMI ilegal ,TPPO,Perdagangan orang ,Polres Jaksel ,Pekerja migran Indonesia ,Kalibata city,tindak pidana perdagangan orang,Apartemen Kalibata City,Po

Polisi ungkap kasus tindak pidana perdagangan orang di Apartemen Kalibata City

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi (kedua kanan) memberi keterangan pers di Jakarta, Senin (18/3/2024). ANTARA/Khaerul Izan

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Apartemen Kalibata City dengan modus memberangkatkan secara ilegal Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Arab Saudi.

"Tersangka yang kami tangkap berinisial DA, dia merupakan penampung para CPMI di Kalibata City," kata Wakil Kepala Satuan Reserse Kriminal (Wakasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pengungkapan kasus TPPO di Apartemen Kalibata City berawal dari laporan warga yang berasal dari Garut, ke petugas Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jawa Barat, karena istrinya berinisial IF akan diberangkatkan ke Arab Saudi.

Padahal dari informasi yang didapatkan bahwa istri pelapor itu akan diberangkatkan ke Dubai, Uni Emirat Arab, untuk dijadikan asisten rumah tangga. Tetapi setelah berada di penampungan Apartemen Kalibata City, ternyata akan diberangkatkan ke Arab Saudi.

Setelah beberapa hari istrinya berangkat dari rumah, yakni di Kabupaten Garut, ternyata didapatkan informasi bahwa istrinya tidak jadi diberangkatkan ke Dubai, melainkan akan dipekerjakan di Arab Saudi.

"Hal inilah yang menjadi keberatan suami, kemudian melapor kepada Kantor BP2MI Jawa Barat," tuturnya.


Setelah mendapatkan laporan tersebut, kata Yossi, BP2MI berkoordinasi dengan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Selatan dan dilakukan penyelidikan hingga akhirnya kasus tersebut terungkap di Apartemen Kalibata City.

Yossi menyatakan bahwa tersangka DA ditangkap pada 4 Februari 2024 di Apartemen Kalibata City. Di dalam apartemen tersebut bukan hanya korban IF, akan tetapi terdapat tujuh orang lainnya yang menjadi korban TPPO.

Baca juga:
Bulog Tanjungpinang tambah stok beras sebanyak 2.000 ton jelang Idul Fitri

12 ribu calon haji dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Batam

Pemkab Natuna berikan dana hibah ke pengurus rumah ibadah

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi ungkap kasus perdagangan orang di Apartemen Kalibata City

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE