Gempa letusan masih dominasi aktivitas Gunung Semeru masih didominasi

id aktivitas semeru,didominasi gempa letusan,musibah

Gempa letusan masih dominasi aktivitas Gunung Semeru masih didominasi

Gunung Semeru terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat (29/3/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Aktivitas Gunung Semeru masih didominasi gempa letusan pada Jumat pagi setelah erupsi awan panas pada Kamis (28/3).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Yadi Yuliandi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Lumajang, Jumat, menyampaikan bahwa pengamatan kegempaan pada Jumat pukul 00.00-06.00 WIB terekam sebanyak 17 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 10-22 mm dan lama gempa 70-155 detik.

"Selain itu, juga terekam adanya enam kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 17-27 mm, S-P 16-35 detik dan lama gempa 77-187 detik," tuturnya.

Baca juga: Gunung Semeru Jatim erupsi lagi dengan letusan setinggi 500 meter

Untuk pengamatan visual, Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-II. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah selatan dan barat.

Sementara untuk pengamatan pada hari yang sama pukul 06.00-12.00 WIB tercatat delapan kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, dan lama gempa 81-95 detik.

Gempa embusan juga terjadi sebanyak empat kali dengan amplitudo 3-6 mm, dan lama gempa 14-50 detik.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi Badan Geologi Kementerian ESDM yang dirilis pada Kamis (28/3), tingkat aktivitas Gunung Semeru tetap pada level III (Siaga) dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini.

Baca juga: Gunung Semeru luncurkan abu vulkanik setinggi 800 m




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Aktivitas Gunung Semeru masih didominasi gempa letusan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE