PLN Karimun Mulai Salurkan Listrik PLTU Tanjungsebatak

id PLN, Karimun,Listrik,daya, PLTU, Tanjung,sebatak,uji,coba

Karimun (Antara Kepri) - PT PLN Persero Ranting Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mulai menyalurkan daya listrik yang dihasilkan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjungsebatak, Kecamatan Tebing kepada pelanggan di Pulau Karimun Besar.

"Daya sebesar 1 megawatt (MW) dari mesin PLTU unit dua sudah mulai kita salurkan kepada pelanggan," kata Kepala PT PLN Persero Ranting Tanjung Balai Karimun Khalid di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Menurut Khalid, pendistribusian daya sebesar 1 MW masih termasuk dalam rangkaian uji coba dua mesin PLTU Tanjungsebatak yang memiliki kapasitas daya 2x7 MW.

"Ini masih uji coba atau tahap 'on the road' mesin unit dua. Kalau dalam 96 jam berjalan baik dan lancar, maka mesin tersebut langsung dioperasikan untuk menambah kapasitas daya yang dihasilkan mesin PLTD Bukit Carok, Tebing," ujarnya.

Mengenai mesin PLTU unit satu, Khalid mengatakan saat ini masih dalam tahap uji coba kemampuan atau "test performance", namun belum menyalurkan daya kepada pelanggan.

"Mesin unit I masih 'off the road'. Kami tentu berharap uji cobanya berjalan mulus sehingga dapat dilanjutkan dengan uji coba penyaluran daya ke pelanggan," katanya.

Kedua mesin PLTU hasil kerja sama dengan PT Ekadaya tersebut, menurut Khalid telah menjalani beberapa tahapan uji coba meliputi tes turbin dan uap serta kemampuan menghasilkan daya.

"Kami berharap kedua mesin itu beroperasi penuh pada pertengahan Juni," katanya.

Dia mengatakan, pengoperasian dua mesin PLTU Tanjungsebatak merupakan program jangka panjang memberikan pelayanan maksimal kepada warga masyarakat di empat kecamatan Pulau Karimun Besar.

"Selama ini, pasokan listrik di Pulau Karimun Besar sepenuhnya berasal dari PLTD Bukit Carok yang memiliki kapasitas pas-pasan. Jika mesin PLTU Tanjungsebatak beroperasi, kami berharap tidak ada lagi pemadaman," ucapnya.

Dia juga mengatakan pengoperasian PLTU Tanjungsebatak diharapkan dapat melayani pelanggan daftar tunggu yang mencapai 200 sambungan.

"Kalau PLTU Tanjungsebatak beroperasi, daya yang berlebih dari PLTD Bukit Carok kemungkinan akan kami salurkan ke Pulau Buru dengan memasang kabel bawah laut," tambahnya. (Antara)

Editor: Biqwanto Situmorang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE