Pemkot Tanjungpinang akan Jadikan PNPM Program Unggulan

id Pemkot,Tanjungpinang,PNPM,Program,Unggulan

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, akan mengadopsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) menjadi program unggulan kemasyarakatan dan pembangunan.

"Sangat disayangkan kalau PNPM itu dibubarkan, padahal pola PNPM ini sangat bagus dalam program-program kemasyarakatan," kata Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah di Tanjungpinang, Jumat.

Lis meminta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang dan Badan Perencanaan Pembangunan Tanjungpinang untuk mempelajari sistem dalam pelaksanaan PNPM, kemudian nama dan jenis kegiatannya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

"Dengan harapan, setelah dilakukan telaah dan kajian lanjutan, bisa menjadi program unggulan, karena PNPM memiliki pola yang jelas alurnya dan sudah mengakar di masyarakat," ucapnya.

Dia mencontohkan, jika program pemerintah dalam pembangunan satu objek infrastruktur menggunakan anggaran sebesar Rp600 juta, PNPM hanya Rp200 juta. Artinya, keterlibatan masyarakat dalam melaksanakan program tersebut membuahkan hasil maksimal meskipun anggarannya jauh lebih kecil.

Kegiatan yang difasilitasi pemerintah itu juga dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Pola yang ditetapkan PNPM itu memberdayakan masyarakat,  hasil kerjanya pun lebih," ujar Lis. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE