Pelindo Karimun Tunggu Pemkab Soal Pemindahan Pelabuhan

id Pelindo,Karimun,Tunggu,Pemkab,Pemindahan,Pelabuhan,kargo,bongkar,muat,taman,bunga,parit,rempak

Kapan saja kami siap, tinggal menunggu kesiapan pemkab kapan pemindahan pelabuhan direalisasikan
Karimun (Antara Kepri) - PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun menunggu kesiapan Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terkait rencana pemindahan pelabuhan kargo dari Pelabuhan Taman Bunga ke Pelabuhan Parit Rempak.

"Kapan saja kami siap, tinggal menunggu kesiapan pemkab kapan pemindahan pelabuhan direalisasikan," kata Manajer Umum PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Syahrial di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Dia mengatakan, PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun mendukung sepenuhnya pemindahan pelabuhan bongkar muat dari Pelabuhan Taman Bunga di Tanjung Balai Karimun ke Pelabuhan Parit Rempak di Kecamatan Meral.

Menurut dia, wacana pemindahan pelabuhan bongkar muat tersebut mengemuka setelah adanya kesepakatan antara PT Pelindo I dengan Pemkab Karimun beberapa waktu lalu.

Pelabuhan Kargo Taman Bunga yang dikelola PT Pelindo I dinilai sudah tidak layak dan sempit sehingga disepakati untuk ditutup dan aktivitas bongkar muat barang dialihkan ke Pelabuhan Kargo Parit Rempak yang dikelola PT Karya Karimun Mandiri, perusahaan milik Pemkab Karimun.

Berdasarkan kesepakatan antara Pelindo I dengan Pemkab Karimun, sebelum direlokasi, Pelabuhan Parit Rempak terlebih dahulu dibenahi dan ditingkatkan kapasitasnya sehingga bisa digunakan untuk bongkar muat dari kapal dengan tonase yang lebih besar.

"Sejak kesepakatan itu, belum ada tindaklanjut dari Pemkab maupun BUP (PT KKM). Intinya kami mendukung pemindahan aktivitas bongkar muat ke Parit Rempak, apalagi Pelabuhan Taman Bunga memang sudah tidak layak dan sempit," katanya.

PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, setelah aktivitas bongkar muat dialihkan ke Parit Rempak, berencana memanfaatkan Pelabuhan Taman Bunga sebagai dermaga pelabuhan internasional yang letaknya bersebelahan dengan pelabuhan tersebut.

"Pelabuhan internasional akan lebih luas dan nyaman, jika sudah diperluas ke Taman Bunga," kata Syahrial. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE