Telkom bangun jaringan internet di pulau terdepan

id Telkom Regional Sumatera,Susatyo,akses internet pulau terdepan

Executive Vice President (EVP) PT Telkom Regional Satu Sumatera, Susatyo. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Palapa ring barat ini akan menyelamatkan wilayah Natuna, Anambas dan Lingga, karena palapa ring barat ini menghubungkan pulau-pulau
Batam (Antaranews Kepri) - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk  Regional Satu Sumatera membangun sistem kabel laut sebagai bentuk komitmen membangun akses internet dengan mudah bagi masyarakat di pulau-pulau terdepan. 

"Di Pulau Sabang kita sudah membangun sistem kabel laut dan masyarakat pulau Sabang sudah bebas mau bandwidth berapa pun bisa," kata Executive Vice President (EVP) Telkom Regional satu Sumatera, Susatyo, di Batam, Selasa.

Susatyo mengatakan selain di Pulau Sabang, pembangunan sistem kabel laut dilakukan di Simeuleu Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Kabupaten Nias, Sumatera Utara. 

Sekarang, lanjut Susatyo, pihaknya sedang melakukan proses penarikan kabel laut ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Untuk Provinsi Kepri kita laksanakan di Kabupaten Natuna, di sana sudah bisa sebagian walaupun (jaringan) masih pakai radio," ujarnya.

Khusus Kabupaten Natuna, kata Susatyo, akan dioptimalkan setelah di area tersebut terpasang palapa ring barat. 

Setelah palapa ring barat beroperasi, lanjut Susatyo, internet akan menyebar ke kawasan lainnya di sekitar Kabupaten Natuna.

"Palapa ring barat ini akan menyelamatkan wilayah Natuna, Anambas dan Lingga, karena palapa ring barat ini menghubungkan pulau-pulau," ujarnya.

Pembangunan jaringan internet ke pulau-pulau terdepan kata Susatyo merupakan komitmen PT Telkom. 

"Sebagai BUMN kita tidak hanya bertugas mencari deviden untuk negara dan pemegang saham, tapi kita juga mempunyai tugas untuk membangun bangsa serta melayani pulau-pulau terdepan," pungkasnya.(Antara)

Baca juga: Telkom modernisasi jaringan kabel di Kota Batam
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar