BNN Kepri periksa urine 38 kru pesawat

id BNN

BNN Kepri periksa urine 38 kru pesawat

Salah seorang kru maskapai penerbangan Citilink melihat personel BNN dan Polda Provinsi Kepulauan Riau saat melakukan tes urine di dalam pesawatnya. BNN dan Polda Kepri melakukan pemeriksaan urine terhadap 38 kru pesawat dan 77 pegawai Avsec Bandara Internasional Hang Nadim Batam, yang keseluruhan hasilnya negatif, tidak terindikasi menggunakan obat-obatan terlarang. (Antaranews/Dok Humas BNNP Kepri

Batam (Antaranews Kepri) - Badan Narkotika Nasional dan Polda Provinsi Kepulauan Riau melakukan cek urine terhadap 38 kru pesawat dan 77 pegawai Avition Security (Avsec) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Kepala BNN Provinsi Kepri, Brigjen Richard Nainggolan mengatakan pengecekan tersebut dilakukan guna memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara di Kota Batam.

"Tadi kita sudah mengecek kru pesawat yang melakukan penerbangan domestik, jumlahnya ada enam maskapai dan satu maskapai penebangan internasional," ujar Richard, di Batam, Kamis,.(27/12)

Richard menambahkan dari hasil pemeriksaan tidak ada satu pun kru maskapai penerbangan dan petugas keamanan Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang mengkonsumsi obat-oabtan terlarang. 

Kata dia, BNN dan Polda Kepri tidak hanya melakukan pemeriksaan urine terhadap kru pesawat saja. Hal yang sama juga dilakukan kepada kapten dan nakhoda kapal serta supir angkutan di Kota Batam. 

"Kegiatan ini lebih kepada pencegahan dan menyakinkan para awak agar saat membawa atau mengemudikan kendaraaanya bener-benar dalam kondisi sehat," paparnya. 

Pemeriksaan terhadap kru pesawat, supir angkutan umum, kapten dan awak kapal akan terus dilakukan sepanjang Operasi Lilin Seligi 2018.

"Operasi akan kita lakukan secara acak dan terus menerus, dengan harapan tidak ada kru pesawat, supir angkutan umum, kapten dan awak kapal yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang," katanya. 

Kapolda Kepri, Irjen Andap Budhi Revianto mengatakan pihaknya bersama-sama tim terpadu akan terus melakukan pengamananan seluruh wilayah di Provinsi Kepri.

"Kegiatan ini (cek urine kru pesawat) dilakukan guna mengelimir kecelakaan udara," pungkasnya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE