Pemkot Batam sinyalir banyak suami-istri belum miliki buku nikah

id buku nikah, nikah batam, nikah siri,pemkot batam

Pemkot Batam sinyalir banyak suami-istri belum miliki buku nikah

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (ANTARA/HO/Humas Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, mensinyalir masih banyak pasangan suami istri di daerah itu yang belum mengantongi buku nikah sebagai bukti administrasi perkawinan.

"Masih banyak orang Batam, sudah menikah tapi belum punya buku nikah. Ini yang perlu kita selamatkan," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam, Selasa.

Padahal, menurut Wali Kota, buku nikah penting, karena dari situlah sebagai landasan penerbitan kartu keluarga, akta lahir dan sebagainya.

Karenanya, kata dia, Pemkot Batam akan mendata warga yang belum memiliki buku nikah agar Batam menjadi semakin tertib administrasi kependudukan.

Pendataan untuk proses penerbitan buku nikah rencananya akan melibatkan Kantor Kementerian Agama, karena Pemkot memiliki keterbatasan sumber daya manusia.

Pemkot Batam juga akan menyiapkan dana yang dibutuhkan dalam sidang isbat, sebagai penetapan dalil syari bahwa benar pasangan masing-masing sudah menikah secara agama.

"Berapa anggaran dibutuhkan untuk Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sidang isbat, kita siapkan. Berapa saja. Mau seribu, dua ribu sidang, kita berikan," kata dia.

Sidang isbat merupakan landasan penting, agar hakim teryakini adanya pernikahan, dengan demikian buku nikah bisa diterbitkan.

"Supaya hak anak betul-betul terjaga dengan adanya sidang isbat. Setelah punya buku nikah bisa buat akta kelahiran anak," kata Wali Kota.

Selain buku nikah, ia berharap seluruh warga tertib administrasi kependudukan.

Pemerintah juga terus memperbaiki diri dengan memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang baik, termasuk menyiapkan sistem teknologi khusus agar tidak ada masalah dalam menerbitkan dokumen-dokumen penting.

"Aplikasi sedang saya siapkan. Anak lahir, akta langsung lurah antar. Ini salah satu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat di Kota Batam," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE