Donald Trump klaim tahu keadaan Kim Jong Un

id Kim Jong Un,Korea Utara,Donald Trump,presiden AS,spekulasi

Donald Trump klaim tahu keadaan Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat mereka bertemu di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, di Panmunjom, Korea Selatan, 30 Juni 2019. ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/aww.

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Senin (27/3) mengatakan ia mengetahui keadaan Kim Jong Un dan berharap sang pemimpin Korea Utara itu baik-baik saja.

Trump mengungkapkan kabar tersebut setelah spekulasi beredar selama berhari-hari soal kesehatan Kim yang memburuk.

Keberadaan Kim dan apakah ia menjalani operasi jantung telah menjadi bahan spekulasi yang tak berkesudahan dalam pekan-pekan belakangan ini.

Daily NK, laman yang berpusat di Seoul, pekan lalu melaporkan bahwa Kim sedang memulihkan diri setelah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April.

Laman tersebut mengutip informasi dari seorang sumber di Korea Utara yang tak diketahui jati dirinya. Reuters belum dapat memastikan kebenaran laporan tersebut.

Satu rangkaian kereta, yang kemungkinan milik Kim, terlihat minggu lalu di kota wisata Korea Utara, Wosan, menurut gambar satelit yang dikaji oleh 38 North.

38 North adalah proyek yang berbasis di Washington untuk memantau Korea Utara.



"Saya tidak bisa mengatakan kepada kalian pastinya," kata Trump ketika ditanya saat konferensi pers di Gedung Putih soal keadaan Kim.

"Iya, saya tahu soal itu, tapi saya tidak bisa mengatakannya untuk saat ini. Semoga dia dalam keadaan baik."

Trump mengisyaratkan bahwa misteri soal Kim akan terkuak dalam waktu dekat.

"Saya berharap ia baik. Bisa saya katakan saya memang tahu keadaan dia. Tunggu saja, kalian mungkin akan mendengar kabar tidak lama lagi," kata Trump.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar