Sejumlah warga Tambelan akan di swab test

id Sejumlah warga Tambelan akan di swab

Sejumlah warga Tambelan akan di swab test

Satgas Covid -19 Tambelan lakukan penyemrotan disejumlah rumah yang berdekatan dengan kediaman pasien Covid-19 (HO / Nurjali)

Tambelan, Bintan (ANTARA) - Tim Covid-19 Kecamatan Tambelan sedang melakukan tracing kepada sejumlah warga yang pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19 inisal MI(58) untuk menjalani test swab.

"Akan di swab 2 kali, kemungkinan pada Minggu (6/12) dan Senin (7/12) di Puskesmas Tambelan, kemudian hasil swabnya dikirim ke Dinas Kesehatan Bintan," kata Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Tambelan, IPDA Missyamsu Alson, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa setelah dilakukan tracing, jumlah warga yang pernah  kontak langsung dengan MI kemungkinan akan bertambah. 

Kemudian, biaya test swab itu juga ditanggung oleh pemerintah dengan sebab adanya pasien positif  Covid-19 di Tambelan yang saat ini sudah berada di RSUD Kijang.

"Sekarang ini pihak Puskesmas Tambelan sudah bisa melalukan test swab," tegas Alson.

Menurut Alson, adanya kasus Covid-19 di Tambelan akan berdampak pada tempat keramaian seperti kedai kopi, tempat hiburan, dan posko relawan yang berada di tengah lingkungan masyarakat.

Meski saat ini belum ada penetapan zona terkait Covid-19 di Tambelan, tim satgas berharap agar masyarakat Tambelan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Tempat usaha mesti menyiapkan sarana cuci tangan, menggunakas masker, dan tidak melayani pembeli bila berbelanja tidak menggunakan masker," tuturnya.

Kata Alson, imbauan itu juga berlaku di tempat kerumunan orang yang apabila kedapatan tidak menggunakan masker dalam Operasi Yustisi, maka akan segera dibubarkan oleh tim Covid-19 Tambelan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE