KPU Tanjungpinang Optimistis Pemilu 2014 Aman

id KPU, Tanjungpinang, Optimistis, Pemilu, 2014, Aman

KPU Tanjungpinang Optimistis Pemilu 2014 Aman

Komisi Pemilihan Umum (antaranews.com)

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, menyatakan optimistis bahwa pelaksanaan Pemilu 2014 di daerah setempat aman dan tertib.
        
"Kami yakin pesta demokrasi berjalan lancar, sesuai harapan masyarakat. Kami akan bekerja keras untuk melaksanakan Pemilu 2014 secara jujur, adil, dan profesional," kata Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria di Tanjungpinang, Selasa.
        
Setiap tahapan pemilu, katanya, memiliki potensi kerawanan.Namun, katanya, jika dilaksanakan secara baik, transparan, dan adil, maka pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar.
        
Sebaliknya, katanya, pesta demokrasi tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika dilaksanakan secara tidak jujur, tertutup, dan memuat kepentingan tertentu.
        
Ia mengemukakan bila hal itu terjadi, proses pemilu akan menimbulkan pertikaian dan konflik.
       
"Kami yakin semua pihak menginginkan seluruh tahapan pemilu berjalan lancar, tanpa hambatan. Karena itu kami berharap seluruh elemen masyarakat mendukung proses pelaksanaan pemilu," ujarnya.
        
Robby menyatakan pelaksanaan pemilu dengan hasil yang maksimal, tidak akan tercapai jika hanya mengandalkan komisioner KPU Tanjungpinang untuk bekerja secara profesional.
        
Ia menjelaskan kunci keberhasilan pemilu tidak hanya pada kinerja komisioner, melainkan juga seluruh penyelenggara pemilu, mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2014.
        
Mereka, katanya, ujung tombak dalam pelaksanaan pemilu.
        
Ia menjelaskan jika salah satu petugas tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya, hal itu dapat merusak hasil pemilu.
        
"Peranan mereka sangat strategis di lapangan, yang bertugas mengawasi proses pemungutan suara, penghitungan suara hingga rekapitulasi suara. Karena itu mereka harus bekerja sesuai ketentuan yang berlaku," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE