Amerika Serikat Kirim Kapal Rumah Sakit

id Amerika,Serikat,Kirim,Kapal,Rumah,Sakit,latma,komodo,latihan,bersama,multilateral,penangguangan,bencana,natuna

Amerika Serikat Kirim Kapal Rumah Sakit

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Agus Hariadi (antarakepri.com/Zam Jambak)

Natuna (Antara Kepri) - Amerika Serikat salah satu negara peserta latihan bersama (Latma) Komodo Multilateral 2014 pada Maret 2014, mengirimkan kapal rumah sakit yang akan ditempatkan di pelabuhan Selat Lampa, Natuna.

"Kapal rumah sakit yang akan dikirim Amerika itu akan bersandar di Pelabuhan Selat Lampa," ungkap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Agus Hariadi di Ranai, Sabtu.

Agus menjelaskan, negara adidaya itu tidak hanya mengirim kapal rumah sakit, sejumlah pesawat evakuasi juga akan dikerahkan.

"Bukan saja kapal RS, Amerika juga mengirimkan pesawat untuk evakuasi, yang paling utama dalam latihan tersebut adalah penanganan bencana," jelasnya.

Di Natuna sendiri, kata Agus, ada empat negara terlibat langsung dalam latihan bersama itu, yakni Filipina, Vietnam, Rusia dan Amerika. Negara-negara peserta ini akan ditempatkan di Pulau laut, Pulau Tiga serta Pulau Bunguran Besar.

"Dalam sesi latihan, Negara Filipina, Vietnam, Rusia dan Amerika akan mengirimkan kapal perangnya beserta observer atau pengamat yang akan mengevaluasi efektivitas proses penanggulangan bencana. Mereka ini akan disebar di sejumlah wilayah di Natuna," katanya

Pihak TNI AL, kata dia lagi, juga akan berkoordinasi dengan AD, AU, Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait persiapan latihan.

Latihan multilateral itu dititikberatkan pada penanganan bencana. Untuk Natuna, akan ada penanganan bencana seperti di lokasi pengeboran lepas pantai, kata dia.

"Nanti, kita bersama-sama menggelar simulasi proses evakuasi, mulai dari penanganan hingga pencarian dan penyelamatan (search and resque/SAR). Kita gunakan balon sebagai simulasi kebocoran minyak anjungan lepas pantai," paparnya. (Antara).

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE