13 Pelamar Lolos Seleksi Calon Dirut Perusda

id Pelamar,Lolos,Seleksi,Calon,Dirut,Perusda,karimun

Karimun (Antara Kepri) - Sebanyak 13 dari 17 pelamar yang memasukkan berkasnya kepada Tim Seleksi Calon Direktur Utama Perusda Karimun, Kepulauan Riau, dinyatakan lolos seleksi persyaratan administrasi.

"Iya, 13 pelamar lolos persyaratan administrasi. Tetapi informasi lengkapnya tanyakan ke Ketua Tim Seleksi Pak Arnadi," kata Sekretaris Daerah Karimun, T.S Arif Fadillah di Tanjung Balai Karimun.

Ketua Tim Seleksi Calon Dirut Perusda Karimun Arnadi Supaat mengatakan, pelamar yang lolos persyaratan administrasi diwajibkan mendaftar ulang pada 10-16 Oktober 2014.

"Pelamar yang lolos persyaratan administrasi kita minta untuk kembali melengkapi persyaratan berbentuk 'hard copy dan soft copy', seperti visi dan misi yang akan dipaparkan saat uji kelayakan dan kepatutan nanti," katanya.

Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan tim yang terdiri dari sejumlah pimpinan SKPD dan tim independen, antara lain dari Dirjen Keuangan Daerah, Asisten Administasi dan Pembangunan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi Perindag dan UKM, Dispenda, Inspektorat dan Bagian Perekonomian.   

Informasi dihimpun jumlah pelamar yang memasukkan berkas sebelumnya 14 orang, namun terakhir bertambah menjadi 17 orang.

Para pelamar, menurut Sekretaris Tim Seleksi Herwansyah, terdiri dari berbagai kalangan, seperti beberapa mantan anggota DPRD Karimun, direksi BUMD, serta ada pula yang berasal dari luar Karimun seperti Batam.

"Hasil uji kepatutan dan kelayakan akan mengerucutkan beberapa nama yang selanjutnya diserahkan ke DPRD. DPRD akan melakukan tahapan selanjutnya sesuai kewenangannya, setelah itu baru dilantik oleh Bupati," kata dia.

Seleksi calon Dirut Perusda Karimun sempat molor karena beberapa anggota tim disibukkan dengan persiapan Pekan Olahraga Provinsi Kepri III yang dilaksanakan di Tanjung Balai Karimun, 8-15 Oktober 2014, serta persiapan perayaan HUT ke-15 Kabupaten Karimun 12 Oktober 2014.

Jabatan Dirut Perusda Karimun lowong lebih dari satu tahun, setelah Usmantono yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Dirut Perusda tersandung kasus hukum sehingga diberhentikan oleh Bupati Nurdin Basirun.

Sebagai pengganti Usmantono, Bupati Nurdin Basirun menunjuk Kepala Dinas Koperasi Perindag dan UKM Muhammad Hasbi sebagai Pelaksana Tugas Dirut Perusda.         

Mantan anggota DPRD Karimun, Raja Zuriantiaz mengharapkan tim seleksi bekerja transparan dan profesional.

"Perusda membutuhkan dirut yang benar-benar berkompeten yang mampu memperbaiki manajemen dan membenahi unit-unit usaha," kata dia.

Ia mengatakan, kinerja manajemen dinilai buruk terutama terkait pengelolaan SPBU Jalan Soekarno Hatta, Unit Usaha Air Bersih dan pasar.

"Perusda tidak hanya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tetapi turut memberikan kontribusi nyata bagi pendapatan asli daerah. Butuh Dirut Perusda yang mampu untuk mewujudkannya," katanya. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE