Tanjungpinang Data Ulang Penerima Raskin

id Tanjungpinang, Data Ulang Penerima, Raskin

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kerancuan data Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) terhadap perolehan beras miskin (raskin) yang didistribusikan Bulog Maret 2015 membuat Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meminta Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) mengevaluasi ulang data penerima raskin.

"Karena selama ini masih ditemui ada warga yang tidak termasuk rumah tangga sasaran, tetapi memperoleh raskin," ujar Lis, pasca menghadiri peresmian penyerahan raskin triwulan pertama 2015, di Gudang Bulog, Senin.

Menurutnya, jumlah warga miskin yang didata Badan Pusat Statistik (BPS) belum sepenuhnya mewakili jumlah warga miskin, khususnya yang ada di Tanjungpinang.

Tambah lagi kenyataan di lapangan, jumlah rumah tangga sasaran melebihi kuota data yang ada. Sebab itu, Lis meminta agar data yang terkait dengan program pengentasan kemiskinan tersebut diinput ulang.

"Saya juga meminta agar lurah dan camat melakukan pendataan ulang di lingkungan masing-masing," tegas Lis.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, Surjadi menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan validasi terkait individu yang layak menerima raskin dari data 2011 yang masih digunakan hingga saat
ini.

"BPS juga telah memiliki petugas Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) dan akan aktif bekerja mulai April sampaj Juni 2015 mendatang," paparnya.

Sehingga nanti di 2016, Pemkot Kota Tanjungpinang bakalan menggunakan data baru dalam mendistribusikan program-program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan.

Sementara RTSPM penerima raskin melalui APBN 2015 berjumlah 7.682 sasaran yang tersebar di masing-masing kecamatan se Kota Tanjungpinang dengan rincian Rp 1.743 RTSPM Bukit Bestari, 2.918 RTSPM Tanjungpinang Timur, 1.363 RTSPM Tanjungpinang Barat.

Sedangkan untuk subsidi Raskin melalui APBD 2015 sebanyak 2.067 RTSPM, masing-masing  1.152 RTSPM dari Kecamatan Bukit Bestari, 359 RTSPM Kecamatan Tanjungpinang Timur, 150 RTSPM Kecamatan Tanjungpinang Kota dan 409 RTSPM Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Jumlah RTSP penerima raskin tersebut diperkirakan Surjadi akan terus mengalami peningkatan pada 2016 mendatang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE