Disdik Tanjungpinang Petakan Mutu Pendidikan Melalui UN

id Disdik,Tanjungpinang,Peta,Mutu,Pendidikan,UN,ujian,nasional

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan hasil Ujian Nasional (UN) 2015 akan dipergunakan untuk memetakan mutu pendidikan di sekolah.

"Hasil UN pada tahun ini memang tidak menentukan kelulusan pelajar, tetapi peranannya cukup besar dalam menentukan mutu pendidikan sekolah," kata Kepala Disdik Tanjungpinang Dadang HZ di Tanjungpinang, Rabu.

Dia menjelaskan dalam penerimaan siswa baru di SMP dan SMA akan ditetapkan nilai minimum. Nilai itu dipengaruhi hasil UN pada masing-masing sekolah.

Bila nilai UN pada SMP atau SMA tertentu tinggi, maka nilai minimum yang ditetapkan dalam penerimaan siswa baru akan tinggi, begitu pula sebaliknya.

Nilai UN untuk SMA juga dipergunakan perguruan tinggi salah satu faktor dalam menetapkan standar minimum dalam penerimaan mahasiswa baru.

"Jadi hasil UN ini sebagai pemetaan untuk mutu pendidikan dalam melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi," katanya.

Menurut dia, hasil UN di Tanjungpinang selama ini belum menunjukkan prestasi yang gemilang. Hasil UN untuk SMP pada tahun lalu menunjukkan kenaikan, namun SMA penurunan.

"Tanjungpinang berada di peringkat tengah dibanding enam kabupaten dan kota lainnya di Kepri. Ini yang mau ditingkatkan," ujarnya.

Dia menambahkan sekolah yang melaksanakan UN sudah melaksanakan tahapan-tahapan dalam mempertajam pengetahuan calon peserta UN. Saat ini memasuki tahapan pengayaan berupa pemberian pelajaran tambahan kepada para peserta.

"Mana yang masih kurang diperbaiki. Ini yang terus-menerus dievaluasi dan ditingkatkan," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE