Wabup Lingga Pimpin Apel Hari Otonomi Daerah

id Wabup,Lingga,nizar,wakil,bupati,Pimpin,Apel,Hari,Otonomi,masyarakat,ekonomi,asean,mea,Daerah

Wabup Lingga Pimpin Apel Hari Otonomi Daerah

Wakil Bupati Lingga memimpin apel peringatan hari otonomi daerah ke 20, di Daik Lingga. (antarakepri.com/Ardhi)

Pemerintah daerah juga dituntut untuk mampu menata elemen otonomi daerah, seiring telah diberlakukan kebijakan MEA.
Lingga (Antara Kepri) - Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar memimpin apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20 di Kantor Bupati Lingga, Senin.

Momen Hari Otonomi Daerah bertema "Memantapkan Otonomi Daerah menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)",diikuti seluruh jajaran pegawai kantor pemerintahan se-Kabupaten Lingga dan barisan pelajar sekolah menengah.

Dalam apel tersebut, Wabup menyampaikan amanat dari Mendagri Tjahjo Kumolo, yang isinya menyangkut penguatan Program Nawa Cita Presiden RI Jokowi-JK.

Mendagri menegaskan, implementasi kebijakan otonomi daerah, haruslah ditujukan pada peningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pemerintah daerah juga dituntut untuk mampu menata elemen otonomi daerah, seiring telah diberlakukan kebijakan MEA.

Selain itu, dalam mempercepat pencapaian tujuan Nawa Cita yang diusung pemerintah Indonesia, pemerintah daerah diminta untuk mewujudkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan negara di bidang ekonomi, sehingga mendorong pertumbuhan iklim investasi di Indonesia.

Mendagri dalam pidato yang dibacakan Muhammad Nizar tersebut, juga menyampaikan instruksi Presiden kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan simplikasi regulasi.

Untuk itu, setiap daerah perlu mengoreksi kembali setiap kebijakan yang tidak sinkron dengan peraturan yang lebih tinggi.

Dia juga meminta daerah membatalkan segala bentuk peraturan yang menghambat investasi dan perizinan.

Menutup pidatonya, Mendagri berharap semoga dengan semangat otonomi daerah, kita dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE