Menkominfo dukung pembangunan BTS USO 2021 di Natuna

id Natuna, Menkominfo, palapa ring barat, bts uso

Menkominfo dukung  pembangunan BTS USO 2021 di Natuna

Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna dalam Rangka Ground Breaking BTS 2021 di desa Kelanga, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis. (Antara Kepri/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny  G Plate mendirong pembangunan BTS USO 2021 sebagai fasilitas infrastruktur telekomunikasi di bidang teknologi informasi sebanyak 4.200 BTS USO.

 "Ini adalah kunjungan kerja pertama saya di Natuna, kehadiran saya di sini dengan dua tujuan utama, tentunya yang pertama ada ground breaking BTS USO 2021. Kedua adalah dalam kaitan dengan melihat potensi pembangunan pusat data nasional di Kepri. Kunjungan saya menjadi simbol bahwa COVID - 19 tidak meruntuhkan semangat kita untuk terus melakukan pembangunan di bidang TIK. Justru sebaliknya mendorong kita untuk terus berinovasi di tengah pandemi COVID - 19, harus kita lawan dengan disiplin dasar , dengan penerapan protokol kesehatan, di saat yang bersamaan pemerintah juga terus melakukan terobosan dengan terus mendorong vaksinasi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate dalam sambutannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna  di desa Kelanga, Bunguran Timur Laut, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis.

Melalui progran Bakti Kominfo Kabupaten Natuna akan dibangun 17 BTS, Anambas 12 BTS, Bintan 5 BTS, dan Karimun 1 BTS.

"Kita memahami bahwa masih banyak target titik blankspot yang belum terpenuhi. Kita harap ground breaking adalah langkah awal untuk menjadikan program ini sebagai langkah awal serta berkelanjutan. Saya sangat mengapresiasi sikap responsif Gubernur Kepulauan Riau yang kemudian pembangunan BTS USO ini dapat dilakukan selang beberapa waktu setelah rapat koordinasi", kata Jhonny.

Lebih lanjut Jhonny G Plate mengatakan pembangunan tersebut adalah hilirasi dari pembangunan yang menjadi tanggung bersama. 

"Kita berharap bauran gagasan pembangunan dapat menjadi solusi tepat guna di era revolusi R 4.0. secara khusus saya berharap kita dapat secara cerdas memanfaatkan ruang digital dan tipe dan substansi yang sejalan dengan Undang undang Tahun 2021, kita juga menggerakkan gerakan Literasi Digital. Ini penting dilakukan agar manfaat infrastruktur memiliki dampak yang tepat sasaran bagi masyarakat", ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur  Kepulauan Riau, Ansar Ahmad yang mengatakan daerah wajib mendukung dalam memudahkan terkait perizinan.

"Kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi kerja keras Kominfo untuk mewujudkan pembangunan BTS USO di daerah blankspot . Kami sebagai pemerintah mendukung penuh dengan program pembangunan ini, tentunya dengan mempermudah perizinan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat. Bagaimana infrastruktur yang telah dibangun dapat berdampak secara maksimal untuk masyarakat sekitar", kata Ansar.

Ansar Ahmad juga menjelaskan, bahwa Kabupaten Natuna memiliki potensi migas dan bahari yang sangat kaya akan hasil laut Natuna yang menghasilkan 100 juta ton ikan pertahun, namu hanya 34 persen yang baru dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan, karena itu perlu dimaksimalkan potensi yang ada seiring berkembangnya berbagai teknologi.

Ia  juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan insfratruktur yang telah dibangun untuk terus berkembang dan menjadi masyarakat yang lebih maju. 

Selain mengunjungi bazar masyarakat setempat, Menteri bersama Gubernur juga melakukan peninjauan lokasi pemanfaatan jaringan internet Palapa Ring Barat di Pusat Informasi Geolagi Natuna.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar