Panglima TNI sampaikan duka cita atas gugurnya prajurit kelima di Nduga Papua

id Panglima TNI, KKB, Pilot Susi Air

Panglima TNI sampaikan duka cita atas gugurnya prajurit kelima di Nduga Papua

Proses evakuasi Pratu F, prajurit TNI kelima yang gugur oleh serangan kelompok separatis teroris (KST) di Mugi-man, Nduga, Papua. ANTARA/HO-Puspen TNI

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas gugurnya Prajurit TNI atas nama Pratu F, personel Satgas Yonif R 321/GT,  korban kelima yang gugur oleh serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mugi-man, Nduga, Papua, pada Sabtu (15/4).

"Jenazah Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KKB," kata Yudo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad.

Jenazah almarhum Pratu F langsung dievakuasi ke Timika, untuk kemudian dibawa ke RSUD setempat guna pemulasaraan jenazah. Selanjutnya, jenazah almarhum akan dipulangkan ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah.

"Rencana besok, Senin (24/4), jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Magelang," ucap Yudo.

Praru F gugur saat menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak Februari 2023.

"Almarhum gugur sebagai Kusuma Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima semua amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya," ujar Yudo.

Sebelumnya, empat prajurit TNI dinyatakan gugur dalam operasi tersebut. Adapun keempat prajurit yang gugur itu adalah Pratu Miftahul Arifin, Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan, dan Prada Sukra.

Empat prajurit dari Yonif 321/GT yang gugur akibat penyerangan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau kelompok separatis teroris (KST) di Mugi, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa.

"Iya, jelas ini, menjalankan tugas, kenaikan pangkat luar biasa," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono di Mabes TNI, Jumat.

Keempat prajurit ini gugur saat menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, yang disandera KKB sejak Februari 2023. Mereka adalah Pratu Miftahul Arifin, Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan dan Prada Sukra.


Kepala Pusat Penerangan Komando Daerah Militer XVII/Cendrawasih Kolonel Kav. Herman Taryaman mengatakan keempat prajurit itu ditemukan tak jauh dari lokasi jenazah Pratu Miftahul Arifin yang lebih awal diketahui gugur.

Ia berharap doa dan dukungan masyarakat terhadap para prajurit yang gugur dalam mempertahankan tanah Papua dari KKB.


"Kami mohon doanya semoga keempat prajurit terbaik yang gugur di medan tugas ini mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt., Tuhan Yang Mahabesar. Aamiin," kata Kolonel Kav. Herman Taryaman di Papua, Rabu (19/4/2023), sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Yudo Margono berbelasungkawa gugurnya prajurit kelima di Nduga

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE