Nadiem sebut Rapor Pendidikan 2.0 bantu pemda mengevaluasi kualitas pendidikan

id Rapor Pendidikan 2.0,Evaluasi pendidikan,Merdeka belajar,Nadiem Makarim, pendidikan

Nadiem sebut Rapor Pendidikan 2.0 bantu pemda mengevaluasi kualitas pendidikan

Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam Perilisan Rapor Pendidikan versi 2.0 untuk Satuan Pendidikan di Jakarta, Rabu (10/5/2023). ANTARA/AstridFaidlatulHabibah

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim menyatakan Rapor Pendidikan Daerah versi 2.0 membantu pemda mengevaluasi kualitas pendidikan secara detil.

“Rapor Pendidikan ini dapat membantu melakukan perencanaan berbasis data dan pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran murid,” kata Menteri Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu.

Nadiem mengatakan Rapor Pendidikan Daerah versi 2.0 yang merupakan pengembangan dari platform Rapor Pendidikan Daerah ini diluncurkan seiring pemda masih memiliki tantangan dalam mengidentifikasi dan merefleksikan capaian kualitas pendidikan.

"Oleh sebab itu, Rapor Pendidikan Daerah versi 2.0 ini secara jelas menunjukkan indikator utama yang digunakan untuk mengukur indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) atau skor capaian pendidikan," katanya.

Menurut dia, SPM Pendidikan dapat dijadikan sebagai acuan pemerintah daerah untuk mengukur kualitas pendidikan di suatu daerah.

"Rapor Pendidikan Daerah Versi 2.0 dilengkapi dengan Indeks SPM atau skor capaian dan pengembangan fitur lainnya sehingga perencanaan berbasis data dapat dilakukan dan disesuaikan pemenuhan SPM Pendidikan serta penganggaran di setiap daerah," katanya.

Rapor ini juga dilengkapi dengan pembaruan fitur yang menyajikan data secara lebih terpusat serta memberi wawasan kondisi kualitas pendidikan satuan pendidikan dengan lebih mendalam dan lebih terpadu dengan proses perencanaan daerah.

Adapun detail pembaruan fitur dalam platform Rapor Pendidikan Daerah Versi 2.0 adalah warna indikator kondisi satuan pendidikan kini menjadi tiga warna saja.

Warna merah untuk kondisi yang kurang, kuning untuk kondisi sedang, dan hijau untuk kondisi yang sudah baik.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nadiem: Rapor Pendidikan 2.0 bantu pemda evaluasi kualitas pendidikan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE