Pekerja proyek bangunan tewas tertimbun galian di Jakarta

id pekerja bangunan perkantoran, tewas, Duren Sawit, Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman,Longsor

Pekerja proyek bangunan tewas tertimbun galian di Jakarta

Kasie Operaional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman saat memberikan keterangan pers terkait pekerja proyek bangunan yang tertimbun galian tanah di Jalan Raden Inten II RT 004/RW 07 Kelurahan/Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) -
Seoramg pekerja proyek bangunan di Jalan Raden Inten II  Jakarta Timur ditemukan tewas tertimbun galian tanah longsor pada Senin malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Sementara satu pekerja lainnya berhasil di evakuasi dengan selamat dan dibawa RS Duren Sawit untuk penanganan medis.

Korban tewas bernama Sukadis (33) yang merupakan warga Wonosobo dibawa ke RS Polri, sementara korban selamat bernama Usman (45).

Kepala Seksi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan dua pekerja itu tengah melakukan pengerjaan proyek basement perkantoran.

"Lalu secara tiba-tiba bangunan rumah (bedeng pekerja) runtuh beserta tanah sehingga menimbun pekerja yang berada persis di bawah tebing bangunan proyek," kata Gatot.

Proses evakuasi sendiri, kata dia, membutuhkan waktu hampir tiga jam karena lokasinya sempit dan rawan terjadinya pergerakan tanah.

"Evakuasi hampir tiga jam. Evakuasi membutuhkan kehati-hatian karena rawan pergerakan tanah dari atas," paparnya.

Menurut dia, korban yang selamat membutuhkan waktu yang relatif lama karena kakinya sempat terjepit bata dan coran.

"Namun, Alhamdulillah berhasil diselamatkan," kata dia.

Sementara korban meninggal, evakuasinya berlangsung cepat.

"Jenazah korban yang meninggal dalam kondisi masih utuh. Artinya (bagian tubuh) yang terjepit (puing bangunan) dapat kita evakuasi," kata dia.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satu pekerja proyek bangunan tewas tertimbun galian di Duren Sawit

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE