Dua tersangka teroris yang berencana gagalkan Pemilu 2024 ditangkap

id teroris jAD, teroris gagalkan pemilu, mabes polri, densus 88 antiteror,teroris

Dua tersangka teroris yang berencana gagalkan Pemilu 2024 ditangkap

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan (kiri) dan Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar (kanan) saat memberikan keterangan terkait penangkapan teroris kelompok JAD kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (3/11/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua orang tersangka tindak pidana terorisme dari kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD) yang berencana mengganggu dan menggagalkan Pemilu 2024.

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar di Jakarta, Jumat, mengatakan kedua tersangka itu merupakan anggota jaringan JAD pimpinan Abu Oemar (AU) yang menjadi pendukung Daulah Islamiyah atau ISIS.

"Ada tambahan dua orang lagi yang ditangkap terkait jaringan AU, yang berencana mengganggu jalannya pesta demokrasi," kata Aswin.

Kedua tersangka itu yaitu AH alias AM dan DAM. Keduanya ditangkap pada 1 November 2023 di Jawa Barat.

Aswin menjelaskan keduanya merupakan bagian dari 40 tersangka teroris kelompok JAD pimpinan AU, yang ditangkap Densus 88 Antiteror Polri pada 27-28 Oktober.

"Sampai dengan 27-28 Oktober kemarin, kami menangkap sebanyak 40 orang, kemudian dilakukan penangkapan kembali terhadap dua orang. Sehingga, sampai hari ini, kami menangkap 42 orang," kata Aswin.

Kedua tersangka itu tergabung dalam grup obrolan pesan singkat WAG dengan nama "Muslim United" atau "Ummatan Wasathan", yang membicarakan tentang membangkitkan semangat melakukan aksi tindak pidana terorisme.

"Mereka saling membagikan materi-materi yang berasal dari kelompok ISIS, melakukan penggalangan donasi, yang donasi itu mereka kumpulkan, disalurkan di satu tempat untuk digunakan oleh kelompok mereka," kata Aswin.

Grup obrolan itu juga aktif membahas tentang bagaimana melakukan perencanaan untuk menggagalkan Pemilu 2024.



 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Densus 88 tangkap dua tersangka teroris berencana gagalkan Pemilu 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE