Sungai-sungai yang berhulu ke Gunung Marapi berubah warna

id erupsi marapi,kabupaten agam,sungai batang aia katiak,gunung marapi,pencemaran sungai

Sungai-sungai yang berhulu ke Gunung Marapi berubah warna

Penampakan salah satu sungai yang berhulu ke Gunung Marapi Sumatera Barat mengalami perubahan warna air menjadi keruh kehitam-hitaman. (Antara/Altas Maulana). 

Lubuk Basung (ANTARA) -
Gunung Marapi di Sumatera Barat yang mengalami erupsi mengakibatkan sungai-sungai yang berhulu dari gunung ini berubah warna menjadi coklat gelap dari sebelumnya jernih.
 
Salah satu sungai yang mengalami perubahan warna air adalah Batang Aia Katiak di Jorong Cangkiang, Nagari Batu Taba, Kabupaten Agam.
 
"Perubahan warna air ini memang terjadi selama Gunung Marapi erupsi. Saat ini terlihat debit air cukup tinggi dan warna airnya sudah coklat gelap, meski cuaca tidak hujan," kata tokoh masyarakat setempat, Hatta Rizal di Lubuk Basung, Kamis.
 
Ia mengatakan Batang Aia Katiak memang berhulu langsung dari Gunung Marapi berjarak 9 km dari pusat erupsi. Jika hujan di puncak, maka material sisa vulkanik akan turun melalui sungai ini.
 
"Erupsi yang terus terjadi membuat material vulkanik berupa pasir hitam terbawa arus sungai, kabar baiknya, pasir hitam ini merupakan bahan bangunan kualitas nomor satu," kata dia.
 
Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Marapi meminta warga mewaspadai keberadaan sungai-sungai yang berhulu karena rawan terjadi banjir lahar dingin.
 
"Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi, terutama di saat musim hujan," kata Petugas PGA Teguh Purnomo.
 
 
 
 

 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dampak erupsi Marapi, air sungai di Kabupaten Agam berubah coklat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE