DPD RI Kunjungi Bandara Hang Nadim Batam

id DPD RI Kunjungi Bandara Hang Nadim Batam

Pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi Kota Batam meningkat dan birokrasi-birokrasi yang tidak perlu dihilangkan.
Batam (Antara Kepri) - Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) melakukan kunjungan kerja ke Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam untuk menyusun pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan. 

"Pemerintah termasuk DPD RI selaku lembaga perwakilan yang melakukan fungsi pengawasan, menaruh perhatian besar terhadap Batam," kata Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, di Batam, Selasa.

Komite II katanya secara khusus melakukan kunjungan ke Batam guna berdiskusi dan mendengar laporan terkait kondisi ekonomi, perkembangan Bandara Hang Nadim dan pengembangannya kedepan.

Parlindungan mengatakan sudah bertemu dengan Menko Perekonomian Darmun Nasution dan menitipkan Batam sebagai prioritas serta harus dibenahi. Ia menjelaskan dengan kepemimpinan Lukita Dinarsyah Tuwo DPD melihat suatu harapan baru yang tumbuh untuk ekonomi Batam. 

“Kami bicarakan soal pelayanan dan keselamatan penerbangan, tapi kami lebih memahami bahwa ada suatu semangat baru di BP Batam, yakni di manajemen," katanya. 

Pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi Kota Batam meningkat dan birokrasi-birokrasi yang tidak perlu dihilangkan. Menurutnya yang paling menggembirakan adalah komunikasi yang baik antara BP dengan Pemkot Batam. 

DPD juga mengapreasiasi sejumlah kebijakan BP Batam yang dinilai pro bisnis dan investasi dan memangkas birokrasi yang berbelit-belit menjadi sederhana dan cepat. Parlindunga. memberikan dukungan positif terhadap bentuk komunikasi yang dilakukan BP Batam kepada seluruh stakeholders baik pemerintah daerah maupun mitra lainnya.

Anggota III/ Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Dwianto Eko Winaryo juga mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan Komite II DPD RI yang memilih Bandara Hang Nadim yang memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia, yaitu 4.025 meter. 

Dwianto mengatakan landasan pacu Bandara Hang Nadim Batam lebih panjang dari Changi di Singapura dan Narita di Tokyo, yaitu 4.000 meter. Secara tak langsung, landas pacu Bandara Hang Nadim menjadikan yang terpanjang di Asia. 

Hang Nadim lanjutnya juga sedang sedang dilakukan pengembangan, salah satunya pusat jasa perawatan dan perbaikan pesawat atau MRO (Maintanance Repair and Overhaul). 

"Saat ini sudah ada satu MRO Lion Air dan rencananya akan bertambah dengan keberadaan GMF Aeroasia, serta dengan inovasi dan pengembangan-pengembangan Hang Nadim akan menjadi pusat MRO di wilayah Asia," katanya. 

Usai diskusi yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor BUBU Hang Nadim, Jajaran Komite II DPD RI melakukan kunjungan ke MRO Lion Air Air, serta melihat area terminal Bandara.(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE