Debat publik kedua Tanjungpinang bahas masalah ekonomi

id debat politik,debat pilkada tanjungpinang

Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 (Antara News)

Robby mengatakan sempat kesulitan menemukan pemandu debat publik.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggelar debat publik calon wali kota-wakil wali kota putaran kedua pada Selasa (15/5), dengan topik masalah ekonomi, sosial, pariwisata dan lingkungan.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan, topik Debat Publik malam ini sangat penting bagi masyarakat setempat.

"Tentu masyarakat menunggu jawaban-jawaban yang menarik dari pasangan calon," katanya.

Robby mengemukakan, debat publik dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB selama sekitar 2 jam. Kegiatan ini sebagai ajang mensosialisasikan visi dan misi pasangan calon nomor 1, Syahrul-Rahma dan nomor urut 2, Lis Darmansyah-Maya Suryanti.

Masyarakat, terutama yang memiliki hak pilih berhak mengetahui visi dan misi para kandidat. Visi dan misi itu menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan.

"Tentu kedua calon sudah berpengalaman soal ekonomi, pariwisata dan lingkungan serta sosial.Karena keduanya mantan pejabat wali kota dan wakil wali kota," kata Robby.

Panelis dalam debat tersebut, pemilik surat kabar Rida K Liamsi, Ketua STAIN Abdurrahman Faizal, dosen Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Neng Suryaningsih, Kepala Free Trade Zone Tanjungpinang Den Yealta dan Asesor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) wilayah Bintan Dr Febri Lestari.

"Mereka pakar bidang sosial, ekonomi, lingkungan," kata dia.

Robby mengatakan sempat kesulitan menemukan pemandu debat publik.

KPU Tanjungpinang dalam sepekan terakhir fokus mendapatkan presenter program televisi yang mampu memandu acara Debat Publik II pada 15 Juni 2018, namun sejumlah presenter bertugas sebagai pemandu debat publik di daerah.

"Iya, memang sulit mendapatkan satu di antara mereka karena sudah memiliki tugas di daerah lain. Padahal kami sudah melobi mereka lewat berbagai jalur, termasuk jurnalis dari media tempat presenter itu bekerja," katanya.

Robby sempat merasa khawatir tidak mendapatkan presenter program televisi nasional yang berpengalaman untuk memandu debat publik kedua yang akan disaksikan secara langsung 200 massa pendukung pasangan calon

"Setelah melalui proses panjang, lobi sana lobi sini, akhirnya Paramitha Soemantri, presenter TV One yang memandu Debat Publik Tanjungpinang kedua," pungkasnya. (Antara)

 
Pewarta :
Editor: Danna Tampi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar