KM Sempurna Indah III tenggelam di Perairan Telaga

id KM Sempurna Indah,tenggelam,anambas,karimun

KM Sempurna Indah III tenggelam setelah menabrak karang di Perairan Telaga, Minggu (21/10). (Antaranews Kepri/Istimewa)

Di dalam kapal ada total 13 ABK, dan semuanya selamat. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Siaga Bencana Anambas
Batam (Antaranews Kepri) - Kapal kargo KM Sempurna Indah III yang bertolak dari Tarempa, Kabupaten Anambas menuju Tanjung Balai Karimun tenggelam setelah menabrak karang di Perairan Telaga, Minggu (21/10) dini hari.

Nakhoda Kapal KM Sempurna Indah III kepada Antara di Batam, Herman mengatakan, kapal tersebut baru saja mengisi es dari pabrik yang berada di Tanjung Kumbik pada Sabtu (20/10) malam.

"Namun dalam perjalanan menuju Tanjung Balai Karimun pada Minggu sekira pukul 04.30 WIB, kapal tersebut mengalami kecelakaan hingga akhirnya KM Sempurna Indah III tenggelam di sekitar Perairan Telaga, Kecamatan Siantan Selatan, Anambas. Atau tepatnya pada koordinat 03°01.00' N dan 105°58.00'E," ucapnya.

Setelah menabrak karang, kata dia, kapal mengalami pecah di bagian lambung sebelah kanan dengan diameter 40 cm. Alhasil air laut itu pun mulai masuk ke dalam kapal yang tengah memuat 25,6 ton ikan segar, 20 ton es dan 400 kilogram makanan hingga tenggelam.

Selanjutnya ia memerintahkan seluruh ABK untuk menggunakan jaket pelampung atau "life jacket" dan menembakkan suara tanda bahaya (SOS) sebanyak dua kali, dan pada pukul 05.35 WIB, pihaknya langsung mendapat pertolongan dari warga Desa Telaga.

"Di dalam kapal ada total 13 ABK, dan semuanya selamat. Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Siaga Bencana Anambas," kata Herman.

Herman menambahkan, akibat dari insiden tersebut pihaknya mengalami kerugian materil sebesar 500 juta rupiah.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar