Pemko Batam apresiasi distributor yang berhasil tekan inflasi

id tpid batam, sembako batam, sembako murah batam, pasar tpid batam

Pemko Batam apresiasi distributor yang berhasil  tekan inflasi

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad berfoto bersama dengan distributor. (Dok Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah setempat memberikan penghargaan kepada 30 distributor yang dinilai berjasa dalam menekan angka inflasi pada 2019.

"Pada evaluasi akhir tahun, inflasi kita 1,97 persen. Di bawah angka nasional, sudah sepatutnya kami memberikan apresiasi kepada distributor," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, distributor memiliki peran besar dalam membantu pemerintah menekan inflasi.

Distributor, mendukung program pemerintah dalam Pasar TPID. Mereka turut berjualan di sana dengan harga yang relatif murah.

Selain itu, distributor juga turut bersama TPID keliling Batam, dalam bazar sembako, terutama di saat rawan kenaikan harga.

Bahkan, kata Amsakar, distributor semangat melayani masyarakat dalam bazar sembako.

Kehadiran distributor di Pasar TPID dan Bazar Sembako TPID mampu menekan harga di pasar, menghindari spekulan yang mempermainkan harga.

"Dalam rencana, ada 33 titik untuk bazar sembako TPID. Mereka malah melayani sampai 40 titik, karena ada masyarakat yang mengharapkan di Tanjung Uma dan Tanjung Riau. Padahal dalam rencana 30 titik, makanya patut diberi apresiasi," kata dia.

Wakil Wali Kota mengatakan, inflasi perlu dijaga, agar tidak terlalu tinggi, dan juga tidak terlalu rendah.

Bila terlalu tinggi, dapat menekan masyarakat karena kenaikan harga. Namun, bila terlalu rendah akan menekan pelaku usaha.

"Jadi kita harus senantiasa melakukan kontrol agar inflasi tetap berada di titik ekuilibrium, titik keseimbangan," kata dia.

Ia berharap, keberhasilan TPID menekan inflasi 2019 mampu dipertahankan pada 2020, dengan berbagai upaya.

Rencananya, pemerintah akan membangun 2 Pasar TPID baru, setelah sukses di Batam Centre, yaitu di Tiban dan Sei Beduk.

Wakil Wali Kota juga mengajak para distributor turut serta di 2 pasar itu."Mudah-mudahan, ada satu saja yang mereka bantu, akan membuat keseimbangan harga di pasar," kata dia.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE