Tiga pasien baru positif COVID-19 di Bali, kontak dekatnya 199 orang

id COVID-19,kontak dekat pasien COVID-19,Sekretaris Daerah Provinsi Bali,Dewa Made Indra

Tiga pasien baru positif COVID-19 di Bali, kontak dekatnya 199 orang

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat memberikan keterangan melalui video streaming dari Rumah Jabatan Gubernur Bali Jayasabha, Denpasar (Antaranews Bali/Dok Pemprov Bali/2020)

Denpasar (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang sekaligus Ketua Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan tiga pasien baru positif COVID-19 di Pulau Dewata memiliki kontak dekat sebanyak 199 orang.

"Terhadap tiga orang yang positif COVID-19 tersebut, Tim Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali sudah melakukan langkah proaktif, segera tadi pagi sudah dilakukan 'tracing contact' atau penelusuran orang-orang yang kontak dekat dengan yang positif," kata Dewa Indra dalam video streamingnya, di Denpasar, Jumat malam.

Dewa Indra merinci tiga orang positif COVID-19 di Bali yakni satu WNA berjenis kelamin laki-laki (72), satu WNI berjenis kelamin laki-laki (39) dan satu orang WNI laki-laki (30).

"Dengan penambahan tiga kasus positif COVID-19 ini, maka hingga hari ini di Bali sudah ada empat orang yang terinfeksi positif COVID-19, yakni dua WNA dan dua WNI," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Bali larang arak-arakan ogoh-ogoh di Hari Raya Nyepi

Baca juga: Kemenkumham catat 117 WNA ditolak datang ke Bali


Dewa Indra menambahkan, untuk pasien pertama (WNA, 72 tahun) ada satu orang yang dekat. Sudah diambil sampel swab-nya untuk uji laboratorium, dan yang bersangkutan sudah dikarantina di rumah.

Kemudian untuk pasien kedua (WNI,39 tahun) sudah di-tracing, terdapat 27 orang yang pernah kontak dekat dengan yang bersangkutan dan semuanya sudah diambil sampel swab-nya untuk uji laboratorium.

"27 orang tersebut terpantau dalam kondisi sehat dan dikarantina di rumah masing-masing," ucap mantan Kepala Pelaksana BPBD Bali itu.

Baca juga: Polisi tangkap sepasang kekasih pengedar 21.040 pil koplo

Baca juga: Pergerakan penumpang internasional di Bandara Bali turun


Untuk pasien ketiga (WNI, 30 tahun) sudah dilakukan "tracing" dan ditemukan 171 orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. Semuanya sudah diambil sampel swab-nya untuk uji laboratorium dengan karantina di rumah masing-masing.

"Jadi untuk tiga orang yang positif terinfeksi tersebut, sudah dilakukan tracing kontak sebanyak 199 orang," kata Dewa Indra.

Terhadap 199 orang tersebut, secara terus-menerus dipantau dan diberikan informasi, edukasi terkait pencegahan penularan, melakukan karantina mandiri dan melakukan protokol isolasi diri dengan baik.

"Kami berharap 199 orang ini bisa dengan disiplin melakukan karantina mandiri, menjaga kesehatannya dan tidak kontak dengan orang lain," ujar Dewa Indra.

Baca juga: Seorang staf Bawaslu Kepri ODP COVID-19

Baca juga: Fasilitas pengendalian COVID-19 di Pulau Galang dibangun tiga zona

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE