Rutan Padang cari tahanan kabur

id tahanan kabur

Rutan Padang cari  tahanan kabur

Lokasi yang diduga sebagai tempat kedua tahanan melarikan diri dari Rutan Padang, pada Minggu (21/6/2020). (ANTARA/HO-RutanPadang)

Padang (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara Kelas II B Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam mencari dua tahanan yang kabur dari lembaga itu pada Minggu (21/6), sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI untuk mencari dua tahanan yang kabur, dan fotonya juga sudah disebar," kata Kepala Rutan Kelas II B Padang Eri Irawan di Padang, Rabu (24/6).

Saat ini, pihaknya tengah memetakan serta melacak pelarian dua tahanan yang diketahui berinisial RK dan S itu.

Ia mengatakan kaburnya dua tahanan itu diketahui saat dilakukan serah terima regu jaga pada Minggu (21/6), sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saat apel dan diabsen ternyata ada dua tahanan yang tidak ada, sehingga langsung dilakukan pemeriksaan menyeluruh," katanya.

Dari situlah diketahui bahwa dua tahanan tersebut telah melarikan diri dengan cara memanjat tembok rutan serta melewati pagar berkawat tembok.

"Itu terlihat dari kawat yang sudah terbuka, masker, dan di sana ada bekas darah," katanya.

Saat itu, petugas yang berjaga berjumlah enam orang dengan rincian dua orang di pos atas, satu petugas di pintu portir, dan dua di blok hunian.

Eri menyebutkan setelah peristiwa itu rutan telah melakukan pengetatan pengawasan di rutan yang memiliki penghuni 689 orang itu.

Pihak rutan juga mengisolasi tahanan lain yang sekamar dengan kedua tahanan yang kabur.

Secara internal, peristiwa tersebut juga tengah diproses oleh Kantor WIlayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar