Pemkot Batam pastikan hewan kurban layak potong

id hewan kurban batam,batam pastikan kesehatan hewan kurban, idul adha 1441 h batam

Pemkot Batam pastikan hewan kurban layak potong

Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan kurban di kandang sapi dan kambing Sei Temiang Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (16/7/2020). (ANTARA).

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau memastikan seluruh hewan kurban untuk Idul Adha 1441 Hijriah dalam kondisi sehat dan layak potong, dengan pemeriksaan kesehatan yang ketat.

"Kami melakukan cek tes fisik, menjamin masyarakat Batam aman membeli hewannya, kami lakukan pengecekan, menjadi kewajiban kami," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Sri Yunelli di sela-sela peninjauan ke kandang hewan kurban di Batam.

Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melakukan pengecekan ke setiap kandang, memeriksakan kesehatan hewan kurban sesuai dengan standar.

"Cek fisik dan kasat mata," kata dia.

Di tempat yang sama, Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Drh Samuel Tampubolan menyatakan pemeriksaan dengan mendatangi kandang sapi dan kambing untuk memastikan semuanya dalam kondisi sehat dan layak potong.

"Pemeriksaan mukosa, mukosa mata bening, hidung lembab atau basah, mukosa mulut dan lidah tidak ada kelainan, kulit elastis, testis simetris, posisi badan tegap, kuku normal, anus bersih dan kondisi 'body scoring' 4 ke atas," kata dia.

Dalam hasil pemeriksaan hari itu, ia menyimpulkan hewan kurban relatif dalam kondisi sehat dan layak potong.

"Ada beberapa sapi dan kambing yang sakit mata. Kami harapkan sampai tanggal 31 Juli 2020, hari H, semuanya sudah 'recovery', sehat," kata dia.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar