Natuna tingkatkan pengawasan wisatawan saat libur panjang cegah COVID-19

id #satgascovid-19 #ingatpesanibu, natuna

Natuna tingkatkan pengawasan wisatawan saat libur panjang cegah COVID-19

Salah satu petugas pengelola tempat wisata, Natuna Dive Resort saat mengecek suhu tubuh para pengunjung, Natuna, Selasa (27/10). (Antara Kepri/ Cherman)

Natuna (ANTARA) - Menghadapi libur panjang, juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah menyampaikan dalam mengantisipasi meningkatnya kunjungan wisatawan pihaknya juga meningkatkan pengawasan di pintu masuk dan tempat keramaian.

"Persiapan kita seperti biasanya, di pintu-pintu masuk bandara dan pelabuhan tetap dilakukan screening,  patroli dan operasi yustisi tetap dilakukan setiap hari," kata Hikmat kepada Antara, Selasa.

Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menerapkan social distancing, mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

Kepala daerah melalui berbagai media sosial milik Protokol Komunikasi Pemimpin Natuna mulai gencar melakukan kampanye mengingatkan warga saat menghadapi libur panjang tidak menambah angka COVID-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, mengingat meningkatnya kunjungan wisatawan, pengelola tempat wisata di Natuna meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam menyambut libur nasional, untuk keamanan dan kenyamanan tamu Natuna Dive Resort, kami mengikuti SOP dari Kemenpar seperti, menjaga jarak fisik, menyediakan handsanitizer, mengecek suhu tubuh, mempertanyakan riwayat kesehatan dan perjalanan satu minggu terakhir", kata pengelola salah satu resort di Natuna, Salsabila Aisah, Selasa.

Selain itu, Ia juga mengatakan merekomendasikan untuk reservasi online, menyediakan tempat cuci di halaman depan dan belakang resort dan terakhir protokol pembersihan wilayah resort.

"Membersihkan kamar dan fasilitas lain setiap hari dengan disinfektan", ujarnya.

Ia juga mengatakan, meskipun belum ada himbauan secara khusus dari pemerintah setempat, namun pihak pengelola telah melakukan antisipasi akan penyebaran COVID-19 di wilayah destinasi wisata miliknya secara internal.

"Himbauan dari pemerintah daerah belum ada sampai saat ini, tapi pihak kami menerapkan beberapa protokol internal, contohnya setiap hari kamar saat kita bersihkan disemprot disinfektan, termasuk barang dan fasilitas lainnya", ujar Salsabila.

Ia juga mengatakan karena saat ini banyaknya pengunjung dari luar daerah, para pengelola dan petugas tetap menjaga jarak dengan para wisatawan, serta mengecek ulang kesehatan para pengunjung saat masuk di kawasan resort.

#satgascovid-19   #ingatpesanibu
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar