LMB Karimun Bantu Rehabilitasi Rumah Warga

id Lmb, laskar, melayu, bersatu, karimun, rehabilitasi, rumah, warga

LMB Karimun Bantu Rehabilitasi Rumah Warga

Ketua DPD Laskar Melayu Bersatu (LMB) Karimun Datok Panglima Azman Zainal (kiri) bersama Umi dan anak-anaknya meninjau rumah Umi yang sedang dibangun. (antarakepri.com/Rusdianto)

Ini rumah kesembilan yang kami bantu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga yang tidak mampu
Karimun (Antara Kepri) - Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau melakukan kegiatan sosial dengan membantu merehabilitasi rumah warga tidak mampu di Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral.

"Ini rumah kesembilan yang kami bantu sebagai bentuk kepedulian kami terhadap warga yang tidak mampu," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah Laskar Melayu Bersatu (LMB) Karimun Datuk Panglima Azman Zainal di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Azman Zainal membantu pengadaan material rumah Umi, seorang janda beranak empat yang sehari-hari berprofesi sebagai pemulung, antara lain batako sebanyak 1.000 keping, beberapa sak semen, pasir dan material lainnya.

"Bantuan itu tidak seberapa. Nanti kita tambah lagi sampai bangunannya selesai," katanya.

Dia mengaku prihatin dengan banyaknya rumah warga tidak mampu yang tidak layak huni, dan belum tersentuh program rehabilitasi rumah tidak layak huni yang dicanangkan pemerintah daerah beberapa tahun lalu.

Menurut dia, pemerintah daerah seharusnya mengevaluasi syarat-syarat rehabilitasi rumah tidak layak huni, seperti surat tanah yang sebagian besar tidak dimiliki warga tidak mampu.

"Jangankan untuk mengurus surat tanah, untuk makan saja mereka kesulitan. Kami dari LMB merasa terpanggil meski kemampuan kami cukup terbatas," katanya.

Sementara itu, Umi mengaku sangat berterima kasih dengan kepedulian LMB yang membantu melanjutkan pembangunan rumahnya yang terbengkalai karena tidak punya biaya untuk membeli material bangunan.

Umi membangun sebuah rumah dengan luas 4x6 meter di RT 4/ RW 4 Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral. Rumah yang dia bangun baru berupa tiang-tiang di atas pondasi.

"Anak-anak saya sudah sekolah, bahkan dua orang yang sekolah di SMPN 1 Tebing dan SDN 008 Meral meraih juara di kelasnya. Saya tidak bisa melanjutkan pembangunan rumah karena mengutamakan biaya sekolah anak-anak, saya ingin mereka semua bersekolah dan meraih prestasi," ujarnya.

Sehari-hari, sejak suaminya meninggal, dia mengaku mengumpulkan barang-barang bekas dengan sepeda ontel miliknya. Uang hasil penjualan barang-barang bekas tersebut dia kumpulkan untuk biaya sehari-hari dan biaya sekolah anak-anaknya.

"Sebagian saya simpan untuk melanjutkan pembangunan rumah, tapi sampai sekarang uang yang saya kumpulkan hanya cukup untuk makan dan biaya sekolah anak-anak," ucapnya.

Dia mengatakan, kepedulian sosial yang ditunjukkan Ketua DPD LMB Karimun tersebut, patut dihargai sebagai sebuah sikap dermawan dan solidaritas membantu warga yang kurang beruntung.

"Kalaulah ada banyak orang seperti dia, saya yakin orang-orang yang kurang beruntung bisa terbantu ketika dihadapkan dengan kesulitan hidup," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE