FKPT Perkuat Program Pencegahan Paham Radikal

id FKPT,Perkuat,Program,Pencegahan,Paham,Radikal,terorisme

Aksi pencegahan terhadap paham radikal harus dilakukan secara menyeluruh, sistematis dan rutin
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Riau memperkuat program deradikalisme dan berharap mendapat dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Ketua FKPT Kepri Reni Yusneli yang dihubungi Antara di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan program pencegahan paham radikal akan dilakukan di sekolah-sekolah dan kampus di wilayah itu yang berbatasan dengan sejumlah negara.

"Aksi pencegahan terhadap paham radikal harus dilakukan secara menyeluruh, sistematis dan rutin," kata Reni yang juga mantan Pelaksana Tugas Sekda Kepri.

Reni mengemukakan kegiatan yang akan diusulkan adalah sosialisasi deradikalisme berbasis kearifan lokal, pelatihan pencegahan radikalisme bagi pengurus OSIS SMA, lomba cerdas tangkas yang dengan tema "deradikalisme", menyatukan persepsi dengan pers untuk bersama-sama mencegah paham radikal, membangun nasionalisme masyarakat yang tinggal di kawasan perbatasan, dan lomba karya tulis bertema "Kearifan Lokal Cegah Paham Radikal".

FKPT Kepri akan mengajukan kegiatan itu kepada BNPT untuk dapat direalisasikan pada tahun ini.

"Kami akan ajukan kegiatan itu dalam Rakernas FKPT di Jakarta," ucapnya.

Dia menambahkan Rakernas FKPT yang diikuti oleh pengurus FKPT 32 provinsi di Jakarta diselenggarakan sejak 21-24 Februari 2017. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala BNPT Komjen Polisi Suhardi Alius.

"Sinergisitas yang dibangun dari antara pusat dan daerah akan memperkuat peran FKPT di daerah. Kami berharap seluruh kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan," tegasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE