Bakamla terima hibah tanah dari Pemkab Natuna

id Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno,Pangkalan Armada bakamla,Sistem Peringatan Dini Bakamla p, Bupati N

Bakamla  terima hibah tanah  dari Pemkab Natuna

Rapat virtual antara Pemkab Natuna dengan Bakamla RI, Jumat. (ANTARA/HO-Bakamla RI)

Batam (ANTARA) - Bakamla RI menerima tanah dengan luas 2 hektare di Selat Lampa dan 1.000 m2 di Ranai dari Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, Jumat.

Kepala Biro Sarpras Bakamla Laksma Bakamla Supriatno menyampaikan pihaknya akan membangun Pangkalan Armada pada lahan seluas 2 hektare di Selat Lampa dan Sistem Peringatan Dini Bakamla pada lahan 1.000 meter di Ranai.

Pembangunan Pangkalan Armada dan SPD di Natuna selaras dengan kebijakan pemerintah dalam upaya menjaga keamanan wilayah perairan Natuna dari ancaman kedaulatan wilayah NKRI serta melindungi nelayan lokal dalam mencari ikan.

Secara garis besar, SPD yang akan dibangun Bakamla memiliki kemampuan dengan deteksi hingga perairan ZEE 200 NM dan landas kontinen 350 NM. Sensor dapat mendeteksi kapal besar maupun kecil.

"Kemudian, dapat mengidentifikasi jenis tipe ukuran kapal dalam kondisi AIS on atau AIS off,” kata Laksma Bakamla Supriatno dalam keterangan.

Penyerahan hibah lahan dilakukan secara lisan dalam pertemuan daring, oleh Bupati Natuna Wan Siswandi.

Laksma Bakamla Supriatno menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten Natuna yang mendukung keberadaan Bakamla RI dalam menjalankan tugasnya sebagai patroli keamanan dan keselamatan laut di perbatasan.

"Secara administrasi, dokumen hibah akan dilengkapi dan besar harapan pada September 2021 dapat melaksanakan Nota Kesepahaman Hibah antara Bakamla dengan Kabupaten Natuna," kata dia.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE