Polda Riau terapkan tilang elektronik berbasis ponsel di Pekanbaru

id polda riau, ELTE mobile pekanbaru,ditlantas polda riau

Polda Riau terapkan tilang elektronik berbasis ponsel di Pekanbaru

Personel Polda Riau memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keselamatan di jalan belum lama ini. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Direktorat lalu lintas Polda Riau menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile di wilayah Kota Pekanbaru, dengan menggunakan kamera telepon seluler, mulai Senin.

"Benar, mulai hari ini kita akan operasional ETLE mobile. Dengan ini diharapkan dapat memberikan tingkat kesadaran kepada pengendara dan mampu menekan angka pelanggaran di jalan raya," terang Direktur Lalu Lintas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah kepada awak media di Pekanbaru, Senin.

Diketahui bahwa, ETLE mobile adalah metode baru penerapan disiplin berlalu lintas dengan menggunakan bukti foto kamera ETLE mobile oleh petugas kepolisian.

Firman menjelaskan ETLE mobile diprioritaskan di area yang tidak terdapat kamera ETLE statis. Pelanggaran akan difoto menggunakan ETLE mobile (telepon genggam) oleh anggota polisi yang memang sudah terlatih. Kemudian foto tersebut dijadikan barang bukti di persidangan pengadilan.

Penerapan tilang dengan metode ini bertujuan meningkatkan rasa disiplin berkendara di masyarakat serta meminimalisir adanya oknum-oknum yang melakukan pemerasan saat menindak pelanggaran lalu lintas.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE