Arus balik Lebaran, Polresta Tanjungpinang minta agen kapal utamakan keselamatan penumpang

id Arus balik mudik idul fitri

Arus balik Lebaran, Polresta Tanjungpinang minta agen kapal utamakan keselamatan penumpang

Arus balik mudik di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (25/4/2023). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kapolresta Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kombes Polisi Heribertus Ompusunggu meminta agen kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) mengutamakan keselamatan penumpang pada arus balik Lebaran 2023

"Jangan ada kapal penumpang melebihi kapasitas guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," katanya di Tanjungpinang, Selasa.

Ia mengingatkan agen pelayaran (kapal) mengantisipasi kepadatan penumpang arus balik Lebaran 2023 dengan menyediakan kapal cadangan untuk mengakomodir para penumpang.

Selain itu, katanya, diharapkan agen kapal terus melakukan koordinasi dengan instansi di pelabuhan maupun Posko terpadu Operasi Ketupat 2023 Polresta Tanjungpinang menyangkut keamanan dan kenyamanan arus balik Lebaran 2023.

"Diperlukan sinergi bersama untuk mewujudkan arus balik yang aman, nyaman, dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut KSOP Tanjungpinang Imran mengatakan puncak arus balik mudik tahun ini diprediksi terjadi pada hari Selasa, tanggal 26 April 2023.

Menurutnya, jumlah penumpang arus balik melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang pada tanggal 26 April 2023 diperkirakan mencapai 120 ribu orang.

"Jumlahnya bisa bertambah atau justru berkurang," ucap Imran.

Ia mengatakan arus balik di Pelabuhan SBP nulai terjadi pada H+3 hingga H+4 seiring berakhirnya masa cuti bersama Lebaran 2023.

Dia mengatakan meski jumlah penumpang arus balik terpantau padat, masih terkontrol dan terkendali dengan jumlah armada yang ada sekitar 59 kapal penumpang antarpulau se-Provinsi Kepri, lintas provinsi hingga luar negeri.

"Kami sudah minta operator kapal untuk mengerahkan kapal cadangan dalam menghadapi puncak arus balik Lebaran pada 26 April 2023," demikian Imran.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE