Kemenag Batam catat 635 lokasi Shalat Idul Adha 1444 Hijriah

id Kepri,batam,shalat id,idul adha,lokasi shalat,Kepulauan Riau, lokasi shalat id

Kemenag Batam catat 635 lokasi Shalat Idul Adha 1444 Hijriah

Ilustrasi - Warga Batam ikuti pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Dataran Engku Putri. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Kepulauan Riau, Zulkarnain Umar mengatakan pihaknya mencatat sedikitnya 635 lokasi Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di daerahnya.

Ia menjelaskan lokasi terbanyak tahun ini berada di Kecamatan Batam Kota dengan 94 lokasi dan yang paling sedikit berada di Kecamatan Bulang dengan 21 lokasi.

"Jumlahnya 635 ada di dua belas kecamatan se-Kota Batam," kata Zulkarnain di Batam, Selasa.

Menurutnya, jumlah tahun ini lebih banyak dari pada tahun sebelumnya yaitu 610 lokasi, dan pada tahun 2021 hanya 281 lokasi.

Adapun beberapa lokasi yang selalu menjadi pusat pelaksanaan Shalat Idul Adha yaitu di Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman.

Zulkarnain menyampaikan secara rinci lokasi Shalat Idul Adha di Kecamatan Belakangpadang berjumlah 29 lokasi, Batu Ampar 36 lokasi, Sekupang 60 lokasi, Sei Beduk 55 lokasi, Nongsa 45 lokasi, dan Galang 44 lokasi.

Kemudian di Kecamatan Bulang 21 lokasi, Lubuk Baja 40 lokasi, Bengkong 70 lokasi, Batam Kota 94 lokasi, Batu Aji 67 lokasi, dan Sagulung 74 lokasi.

Dengan begitu ia mengimbau masyarakat untuk bisa mengikuti pelaksanaan Shalat Id dengan saksama yang dimulai dengan mendengarkan khutbah.

"Kemudian, membawa peralatan shalat dan membawa alas koran, serta membersihkannya selesai shalat," ujar dia.

Diberitakan, Muhammadiyah Kota Batam, Kepulauan Riau, memusatkan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023, mendatang di lapangan parkir aula olahraga Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam Shabirun Husnum di Batam, Ahad, mengatakan selain di Stadion Temenggung Abdul Jamal, ada beberapa masjid yang direncanakan juga akan melaksanakan Shalat Id.

"Ada di Bengkong Masjid Al Jabar, Masjid Uswatun Hasanah di Jalan Kartini V Sei Harapan dan mungkin di Masjid Al Munawarah Batu Besar. Tapi untuk lokasi ini pelaksanaannya lebih kepada personal sebagai inisiator, jadi tidak bawa nama lembaga Muhammadiyah," kata Shabirun.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE