Indonesia dan Turki sepakat dukung perjuangan kemerdekaan Palestina

id Presiden RI, Joko Widodo, Jokowi, Presiden Turki,Recep Tayyip Erdogan, KTT OKI,Pilitukn

Indonesia dan Turki sepakat dukung perjuangan kemerdekaan Palestina

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). ANTARA/HO-Sekretariat Presiden.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjalin kesepakatan kerja sama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upaya mendukung perjuangan bangsa Palestina meraih kemerdekaan.

Sekretariat Presiden di Jakarta, Ahad, menginformasikan kesepakatan tersebut dijalin RI dan Turki dalam pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Presiden Erdogan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah, yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution," ujar Presiden Jokowi di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11).

Dalam pertemuan dua kepala negara itu dijalin kesepakatan untuk terus bekerja sama menyelesaikan masalah di Gaza, mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Selain itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa OKI harus bersatu dan berada di garda depan mendesak gencatan senjata serta menyuarakan dimulainya jeda kemanusiaan.

"Dan memastikan akses bantuan kemanusiaan yang aman, predictable, sustainable, dan menjangkau seluruh warga," katanya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.

Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia telah memasuki wilayah Gaza, Palestina.

Perwakilan Egyptian Red Crescent (ERC)
Marwan mengatakan sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari Indonesia termasuk Baznas RI telah berhasil masuk ke Gaza melalui gerbang jalur Rafah, Mesir.

"Gudang-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar," kata Marwan dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan Baznas menerima informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo bahwa Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf juga menyaksikan bantuan dari Baznas telah masuk ke Gaza.

"Alhamdulillah, bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan. Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar," kata Noor.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI bersama KBRI Kairo dan ERC untuk memastikan serta memantau pengiriman bantuan kemanusiaan ini berjalan dengan baik.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI-Turki sepakat dukung perjuangan kemerdekaan Palestina

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE